Terlilit Hutang Ratusan Juta, Pemuda Pengangguran di Blora Nekat Curi Motor

Terlilit Hutang Ratusan Juta Pemuda Pengangguran di Blora Nekat Curi Motor

BLORA, 12/4 (BeritaJateng.tv) – Seorang pemuda pengangguran asal desa Kecamatan Sambong, Kabupaten Blora, Jawa Tengah ini nekat mencuri sepeda motor lantaran terlilit hutang jutaan rupiah.

Namanya Galih Prabowo (27). Dihadapkan petugas, ia mengaku memiliki hutang sebanyak 23 juta rupiah.

Uang tersebut ia gunakan untuk membangun rumah dan kredit sepeda motor. Namun saat belum sempat menjual sepeda motor hasil curian itu, ia keburu dibekuk Satresmob Polres Blora.

“Hasil jual motor nantinya akan saya buat bayar hutang,” kata Prabowo saat ditanya petugas.

Wakapolres Blora Kompol Christian Chrisye Lolowang mengatakan penangkapan ini berasal dari informasi masyarakat, yang kehilangan sepeda motor ketika parkir di salah satu kantor Koperasi wilayah kecamatan Jepon.

“Awalnya pelaku berniat pinjam koperasi dengan jaminan sertifikat, namun pengajuan tersebut ditolak oleh pihak Koperasi. Kemudian ketika pelaku hendak meninggalkan area parkir, yang bersangkutan melihat motor milik orang tak dikenal yang tengah terparkir dengan kondisi kunci motor masih menempel. Kemudian pelaku membawa kabur kendaraan tersebut,” ucap Kompol Christian dalam konferensi pers sore kemarin.

Menemukan kendaraannya hilang, pemilik sepeda motor segera melapor ke Polsek Jepon dan laporan tersebut segera ditindaklanjuti.

“Pelaku ditangkap di Kecamatan Sambong oleh Tim Resmob Satreskrim Polres Blora dengan dibantu oleh Unit Reskrim Polsek Jepon dan Sambong tadi malam. Untuk motor yang dicuri, obyeknya masih ada dan belum berpindah tangan. Kami juga amankan barang bukti satu HP dan uang tunai senilai Rp. 450 ribu yang tengah dibawa. ini semua kita amankan ketika dilokasi penyergapan,” sambungnya.

Kompol Christian melanjutkan bahwa pelaku dijerat Pasal 362 KUHP dengan ancaman hukuman lima tahun penjara.

Sementara itu tersangka berinisial YP tersebut mengaku baru sekali melakukan curanmor karena adanya kesempatan akibat parkir lupa mencabut kunci motor.

Kepada masyarakat, Wakapolres Blora menekankan agar selalu hati hati dalam memarkir kendaraan bermotornya. Karena setiap saat setiap waktu kejahatan selalu mengintai apalagi jika masyarakat lengah.

“Belajar dari kejadian tadi, kunci motor lupa tidak diambil dan masih menempel sehingga dimanfaatkan orang tidak bertanggungjawab dengan membawa lari kendaraannya. Untuk itu kita harus selalu waspada. Cek dan pastikan saat kita tinggalkan kendaraan dalam keadaan terkunci,” pungkas Kompol Christian. (Her/El)

Leave a Reply

Your email address will not be published.