Scroll Untuk Baca Artikel
Kesehatan

Upayakan Penurunan Stunting, Undip Luncurkan Buku Pedoman Pencegahan Stunting

×

Upayakan Penurunan Stunting, Undip Luncurkan Buku Pedoman Pencegahan Stunting

Sebarkan artikel ini
pencegahan stunting
Undip meluncurkan buku bertajuk Pedoman Strategi Komunikasi Perubahan Perilaku dan Sosial untuk Pencegahan Stunting di Provinsi Jateng, bertempat di Hotel Aston Semarang, Kamis, 20 Juli 2023. (Foto: Dokumentasi Humas Undip)

SEMARANG, beritajateng.tv – Seperti yang publik ketahui, masalah stunting di Jawa Tengah masih menjadi salah satu masalah besar. Beragam upaya pun bermunculan untuk pencegahan stunting.

Pada tahun 2023 misalnya, BKKBN Jawa Tengah menyebut angka stunting saat ini mencapai 20,9 persen, atau sekitar 540 ribu anak yang mengalami kondisi kerdil.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Menanggapi hal tersebut, Universitas Diponegero (Undip) terus berupaya mendukung pemerintah dalam percepatan penurunan stunting di Jawa Tengah.

Salah satunya dengan meluncurkan Buku Pedoman Strategi Komunikasi Perubahan Perilaku dan Sosial untuk Pencegahan Stunting oleh Undip, bertempat di Hotel Aston Inn Pandanaran Semarang, Kamis, 20 Juli 2023.

BACA JUGA: Walikota Semarang Gandeng Stakeholder Serius Tangani Stunting

Rektor Undip, Prof Dr Yos Johan Utama menyebut, salah satu upaya mahasiswa Undip dalam membantu pencegahan stunting di desa-desa adalah dengan melaksanakan program Kuliah Kerja Nyata (KKN). Setiap tahunnya, Undip menerjunkan sekitar 10.000 mahasiswa untuk turun langsung ke pelosok daerah.

“Undip itu setahun yang bergerak di KKN, itu paling enggak 10 ribu orang. Sepuluh ribu ini kalau digerakkan menjadi jumlah yang besar, untuk kemudian bisa meningkatkan upaya kita dalam menurunkan stunting,” ujar Prof Yos.

Sementara itu, Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen yang hadir dalam acara tersebut mengatakan, gotong royong antara berbagai pihak perlu untuk menekan angka stunting.

Pemerintah canangkan berbagai program pencegahan stunting

Oleh karenanya, pemerintah telah mencanangkan berbagai program yang terdesain melibatkan berbagai pihak untuk menurunkan angka stunting dan kemiskinan di Jateng.

Tinggalkan Balasan