Scroll Untuk Baca Artikel
Politik

Bapak dan Anak Masuk DCS DPR RI, Mantan Walikota Semarang dan CEO PSIS Bakal Berebut Kursi di Dapil I Jateng

×

Bapak dan Anak Masuk DCS DPR RI, Mantan Walikota Semarang dan CEO PSIS Bakal Berebut Kursi di Dapil I Jateng

Sebarkan artikel ini
Yoyok Sukawi Sutarip | DPR RI Jateng 1
Kolase foto mantan Walikota Semarang Sukawi Sutarip (kiri) dan CEO PSIS Semarang Yoyok Sukawi (kanan). (Foto: Instagram/@yoyok_sukawi)

SEMARANG, beritajateng.tv – Menyongsong Pemilu 2024, CEO PSIS Semarang Yoyok Sukawi terdaftar dalam Daftar Calon Sementara (DCS) untuk calon anggota legislatif (caleg) DPR RI dari Partai Demokrat dengan nomor urut 1.

Bukan itu saja, mantan Walikota Semarang Sukawi Sutarip yang merupakan ayah dari CEO PSIS itu pun kedapatan masuk dalam DCS DPR RI dari partai yang sama dengan anaknya. Bahkan, daerah pemilihan (Dapil) mereka juga sama yaitu Jateng I, namun pada nomor urut 8.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Sebelumnya, politisi Partai Demokrat A.S. Sukawijaya atau Yoyok Sukawi, sapaan akrabnya, memang bakal maju kembali sebagai calon legislatif pada Pemilu 2024 mendatang. Akan tetapi, nantinya Yoyok bakal bersaing dengan ayahnya sendiri untuk bisa lolos ke Senayan.

“Pak Sukawi juga maju di dapil 1, lawannya saya. Bapak diminta untuk turun lagi, untuk bisa mendapatkan target tersebut,” ujar Yoyok di Semarang, Senin, 16 Mei 2023.

BACA JUGA: Hadiri Raker Suporter Semarang Extreme, Ini Pesan CEO PSIS Yoyok Sukawi untuk Anggota Snex

Kiprah Yoyok Sukawi dan sang ayah Sukawi Sutarip yang bakal berebut kursi DPR RI pada Pemilu 2024

Sebagai informasi, Yoyok Sukawi sebelumnya berhasil terpilih sebagai anggota DPR RI untuk periode 2019-2024, mewakili Dapil Jawa Tengah I melalui Partai Demokrat.

Semasa jabatannya sebagai anggota DPR, Yoyok Sukawi bertugas di Komisi X yang berfokus pada bidang Pendidikan, Kepemudaan, Olahraga, Perpustakaan, Pariwisata, dan Ekonomi Kreatif.

Sementara itu, ayah dari Yoyok Sukawi, Sukawi Sutarip ialah mantan Walikota Semarang dua periode pada tahun 2000 hingga 2010.

Lebih lanjut, Yoyok pun menyebut bisa saja kalah dari sang ayah seandainya Sukawi Sutarip mampu meraup suara sebagaimana pada era pemilihan walikota sekira 23 tahun yang lalu.

BACA JUGA: Oknum TNI Saksi Pembunuhan Iwan Budi Miliki Hubungan Dengan Mantan Walikota Semarang

“Kalau Pak Kawi bisa mengembalikan 978.279 ribu suaranya pas Pilwakot, malah bapak yang menang duluan daripada saya. Itu (perolehan suara) sangat fenomenal era itu,” kata Yoyok.

Ia menyebut, Sukawi Sutarip kembali turun di dunia politik atas perintah partai. Mantan Walikota Semarang itu beroleh perintah untuk mengembalikan kejayaan Partai Demokrat di Kota Atlas.

“Jadi memang dapil 1 Jateng ini, Demokrat berikhtiar kembali berkuasa dan mengembalikan kejayaan demokrat. Dari dapil Jateng 1, di sini cukup meriah, ya. Ada beberapa pengusaha dari sini. Perempuan ada, juga atlet. Target kita memang dapil 1 jateng ini bisa meraih 2 kursi. Ini pekerjaan berat, dapil 1 disebut dapil neraka,” tandas Yoyok Sukawi. (*)

Editor: Mu’ammar Rahma Qadafi

Tinggalkan Balasan