Scroll Untuk Baca Artikel
Gaya Hidup

Anak Kos Merapat! Masjid Kauman Semarang Siapkan 500 Takjil, Menu Ganti Tiap Hari

×

Anak Kos Merapat! Masjid Kauman Semarang Siapkan 500 Takjil, Menu Ganti Tiap Hari

Sebarkan artikel ini
jemaah di masjid kauman semarang
Jemaah saat mengikuti kegiatan bulan Ramadhan di Masjid Kauman Semarang. (Fadia Haris Nur Salsabila/beritajateng.tv)

SEMARANG, beritajateng.tv – Memasuki bulan Ramadhan 2024, sejumlah masjid besar di Kota Semarang telah bersiap. Seperti tahun-tahun sebelumnya, masjid di kota ini selalu menyediakan takjil gratis.

Salah satunya adalah Masjid Kauman Semarang. Pada Ramadhan kali ini, Masjid Kauman Semarang menyiapkan 500 porsi takjil gratis yang siap dibagikan gratis kepada masyarakat.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Ketua Amaliyah Ramadhan Masjid Agung Semarang, Ahmad Junaidi mengungkapkan, jumlah porsi takjil yang pihaknya sediakan tahun ini sama dengan tahun sebelumnya. Akan tetapi, jumlah tersebut juga bisa bertambah manakala terdapat kiriman donasi dadakan.

“Untuk takjil kami menyediakan 500 pax, namun demikian kadang ada yang dadakan. Alhamdulillah setiap harinya menunya berbeda,” katanya saat beritajateng.tv temui, Selasa, 12 Maret 2024.

BACA JUGA: Dari Aceh Hingga NTB, Sahabat Mata Ajak Penyandang Tunanetra Isi Waktu Ramadhan dengan Tadarus Online

Ahmad menjelaskan, terdapat enam menu tetap berbeda setiap harinya. Yaitu masing-masing urut sesuai hari, mulai Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Sabtu dan Minggu.

Sementara, untuk hari Jumat, Masjid Kauman Semarang sengaja tak menyiapkan takjil. Hal itu bertujuan untuk memberi kesempatan bagi umat Muslim yang ingin bersedekah.

“Khusus hari Jum’at karena berkaitan dengan Jumat Berkah, yang biasanya untuk salat Jumat diganti untuk takjil. Jadi hari Jumat kami tidak memasak karena nanti bisa mubazir,” tambahnya.

Manfaatkan donasi untuk anggaran takjil

Lebih lanjut, Ahmad menyebut jika sebagian besar anggaran takjil gratis berasal dari para donatur. Barulah misal donasi tidak mencukupi pengurus akan mengambil dana dari kas masjid.

Tinggalkan Balasan