Berkah Bulan Suro, Tukang Jamas Pusaka di Blora Perhari dapat Upah Rp. 500.000

Tukang Jamas Pusaka di Blora

BLORA, 1/8 (BeritaJateng.tv) – Bulan Suro menjadi berkah tersendiri bagi tukang jamas pusaka di Kabupaten Blora, Jawa Tengah ini.

Mulyono tukang jamas pusaka, asli warga Todanan ini, membuka jasa jamasan di eks stasiun Blora, Jalan Blora – cepu.

Dalam sehari ia dapat menjamas 25 – 50 pusaka berbagai jenis. Mulai keris, pedang, tombak hingga seperangkat pusaka untuk menolak hama tanaman dan menghasilkan panen yang melimpah.

Seperti milik warga Kecamatan Tunjungan, bernama Daman, yang mempunyai seperangkat pusaka yang ia dapat dari hasil ritual, ia menjamas setiap setahun sekali dibulan suro.

Ia mengaku pusakanya sering dipinjam sama para petani, untuk mengawali bercocok tanam agar terbebas dari hama dan hasilnya bisa melimpah.

“Pernah dipinjam sama petani melon, waktu mengawali atau miwiti tanam, dan hasilnya untung besar,” kata Daman, Senin (1/8/2022).

Selain pusaka milik Daman, banyak lagi pusaka – pusaka yang dimiliki warga di Kabupaten Blora di jamas ditempat Mulyono.

“Banyak mas, sehari 25 pusaka, kalau rame bisa 50 pusaka. Satu pusaka saya dapat dua puluh ribu, lumayan,” kata Mulyono.

Ia mengaku mulai bergelut dengan pusaka sejak ia umur 10 tahun. Keseharianya jika tidak bulan Suro ia bertani.

“Kalau Suro seperti ini saya selalu buka tiap hari. Terkadang juga ada yang manggil karena jumlah phsakanya banyak,” tuturnya.

Sebelum menjamas pusaka, ia selalu membaca mantra dan doa, karena ia pernah memgalami hal aneh saat menjamas pusaka keris yang menurutnya memiliki pamor tinggi. “Tangan saya tersa panas dan gemetar, itu yang saya rasakan,” imbuhnya.

Ia pun memiliki keahlian untuk mendirikan sebuah keris pusaka, sehingga jasa jamasanya rame setiap hari, dan sempat menjadi tontonan warga, jika ia melakukan aksi itu. (Her/El)

Leave a Reply

Your email address will not be published.