Scroll Untuk Baca Artikel
Pendidikan

Cara Belajar Persiapan UTBK tanpa Bimbel, Wajib Diketahui Bagi yang Ingin Masuk PTN

×

Cara Belajar Persiapan UTBK tanpa Bimbel, Wajib Diketahui Bagi yang Ingin Masuk PTN

Sebarkan artikel ini
Cara belajar UTBK tanpa bimbel
Ilustrasi. Cara belajar UTBK tanpa bimbel. (Foto: freepik).

SEMARANG, beritajateng.tv – UTBK-SNBT (Ujian Tertulis Berbasis Komputer-Seleksi Nasional Berbasis Tes) merupakan salah satu tahapan penting untuk peserta didik yang ingin melanjutkan ke perguruan tinggi. Jika ingin berhasil lulus ujian ini, maka kamu membutuhkan persiapan yang matang dan sikap positif. Tulisan ini akan memberikan informasi seputar cara belajar persiapan UTBK tanpa bimbel.

UTBK-SNBT tidak hanya menguji kemampuan akademis, tetapi juga kemampuan peserta didik mengatasi stres dan tetap tenang dalam menghadapi tekanan (pressure).

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Adanya persiapan matang dan sikap positif, kamu bisa menghadapi ujian ini dengan lebih percaya diri dan tenang.

Jadwal Pelaksanaan UTBK-SNBT

Pelaksanaan UTBK Gelombang 1: 30 April dan 2-7 April.

Pelaksanaan UTBK Gelombang 2: 14-20 Mei 2024

Pengumuman Hasil SNBT: 13 Juni 2024

Masa Pengunduhan Sertifikat UTBK: Mulai 17 Juni 2024-31 Juli 2024

BACA JUGA: Hati-hati Daftar Kuliah via SNBP, Siswa SMA Kelas 12 Simak Dulu Kebijakan Terbarunya di Sini!

Sebelum menghadapi UTBK-SNBT, ada baiknya kamu mengikuti tips ini agar lebih tenang saat menghadapi tesnya. Berikut tipsnya.

Cara belajar persiapan UTBK tanpa bimbel

1. Memahami tata tertib ujian

Ketika menghadapi UTBK-SNBT dengan tenang, penting untuk memahami tata tertib dan pedoman ujian yang berlaku. Membaca dan memahami peraturan sebelum memulai ujian akan memberimu ketenangan pikiran.

Hal ini mencakup pemahaman hal apa saja yang boleh dilakukan selama ujian, batasan waktu yang ditetapkan, dan aturan tertulis lainnya.

Pastikan kamu mengetahui secara pasti berapa banyak waktu yang dialokasikan untuk setiap bagian ujian sehingga kamu dapat menyusun strategi yang efektif dan efisien untuk mempermudah ujian.

Kamu juga harus memahami batasan penggunaan sumber daya eksternal seperti buku catatan, ponsel, dan akses internet selama ujian. Hal ini tentu akan membantu kamu fokus pada hari ujian dan menghindari pelanggaran aturan apa pun yang dapat memengaruhi hasil ujianmu.

2. Latihan Teratur

Latihan rutin UTBK-SNBT akan membantu kamu tetap tenang saat ujian. Cara berlatih yang efektif adalah dengan menggunakan platform online serupa dengan platform UTBK-SNBT.

Tinggalkan Balasan