Dies Natalis ke 56 PEM Akamigas Cepu Bertajuk Bangkit Bersama Menuju Kemandirian Energi

BLORA, 24/10 (BeritaJateng.tv) – Politeknik Energi dan Mineral Akamigas (PEM Akamigas) Cepu, Blora, Jawa Tengah merupakan salah satu perguruan tinggi vokasi di lingkungan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (KESDM) yang didirikan pada 24 Oktober 1966.

Dengan diterbitkannya keputusan Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Nomor 91/DD/Migas/1966, tanggal 24 Oktober 1966 tentang pendirian Akademik Minyak dan Gas Bumi. Tanggal tersebut kemudian ditetapkan sebagai hari jadi (Dies Natalis) PEM Akamigas.
Dalam memperingati Dies Natalis ke-56 tahun 2022 ini, PEM Akamigas mengangkat tema “Bangkit bersama menuju kemandirian energi.”

Tema ini dipilih sebagai seruan untuk mengajak kita semua agar bangkit bersama dari pandemic Covid-19, tetap mempunyai semangat yang sama untuk menjaga kedaulatan dan ketahanan energi, serta mewujudkan kemampuan negara dan bangsa dalam memanfaatkan keanekaragaman energi dengan memanfaatkan potensi sumber daya alam, secara bermartabat menuju kemandirian energi, fokus kepada transisi energi, sehingga mengurangi ketergantungan terhadap energi fosil.
Sidang Terbuka Dies Natalis Ke-56 PEM Akamigas yang dilaksanakan tepat pada 24 Oktober 2022 di gedung Grha Oktana PEM Akamigas ini merupakan momentum kebahagiaan bagi sivitas akademika PEM Akamigas.

“Saat ini total sebanyak 45% alumni PEM Akamigas, telah diterima bekerja dan magang di industri dalam kurun waktu 6 bulan setelah diwisuda,” ujar Direktur PEM Akamigas, Erdila Indriani saat melaporkan sekilas capaian PEM Akamigas.
Demikian pula, kata Erdila, dengan prestasi mahasiswa dalam partisipasi mengikuti kompetisi baik ditingkat nasional maupun internasional.

Baru-baru ini bahkan mahasiswa dari Program Studi Logistik Migas yang terdiri dari Tri Sutrisno Wahyu Efendi, Ronals Aryosa, dan Fattur Firmansyah, membawa pulang medali emas dari Paper World Invention Competition and Exhibition 2022 Malaysia.

Sedangkan untuk kompetisi Nasional, Prodi Teknik Produksi Migas, Baiq Maulida Azzahra, Navira Maharani raih Juara 1 Tingkat Nasional, pada Event PETROLEUM INCORPORATED FAIR 2022, yang diselenggarakan oleh Universitas Trisakti, 17 September 2022.

Dari Prodi Teknik Produksi Migas, Ramadhani Mizmanu R, Irfan Rasyid, pada event CEIPS 2022, yang diselenggarakan oleh SPE Balikpapan Section dan IATMI Indonesia Tengah dan Timur, 18-20 Agustus 2022, gondol Juara 2 Tingkat Nasional, dan masih banyak lagi.
Dalam kesempatan ini pula, Sekretaris BPSDM ESDM, Wakhid Hasyim, mengatakan ilmu pengetahuan selalu berkembang, dinamika pasar tenaga kerja selalu berubah, teknologi semakin maju, dan penggunaan energi semakin divergen.

“Hal ini membuat, kita selaku pendidik di PEM Akamigas harus bisa senantiasa mengikuti perkembangan jaman agar kita selalu relevan, ” ujar Wakhid.

Dalam merespon perkembangan
jaman dan dinamika pasar tenaga kerja, kurikulum yang menjadi pemandu
pembelajaran harus diperbarui. Pada tahun 2023, kurikulum baru sudah harus dapat
diterapkan untuk periode 4 tahun ke depan hingga tahun 2026.

“Apa yang menjadi kebaruan dalam kurikulum yang sedang disusun ini? Selain
kebaruan dalam aspek bahan kajian, ilmu pengetahuan dan profil lulusan yang
diminati industri migas, kita akan mulai menerapkan sistem MBKM atau Merdeka
Belajar Kampus Merdeka. Sebuah program dari Kementerian Pendidikan,
Kebudayaan, Riset dan Teknologi yang berfokus pada kebebasan mahasiswa dalam belajar, serta perkawinan industri dengan institusi pendidikan,” lanjut Wakhid Hasyim.

Agenda Sidang terbuka Dies Natalis ke-56 PEM Akamigas ini juga menghadirkan
Sekretaris Jenderal Dewan Energi Nasional, Djoko Siswanto untuk berbicara dalam orasi ilmiahnya tentang “Peningkatan Ketahanan Energi Menuju Kemandirian Energi Indonesia.”

Momen Dies Natalis adalah momen kebahagiaan, dan penghargaan. Pada
kesempatan ini pula, PEM Akamigas memberikan penghargaan kepada 52 orang sivitas akademika yang telah memberikan dedikasi, pengabdian, prestasi, bagi kemajuan PEM Akamigas.

Kado indah di usianya yang ke-56 ini, PEM Akamigas menerima secara simbolis
asuransi kesehatan “Pijar” dari BRI untuk 200 mahasiswa PEM Akamigas yang akan
melaksanakan Praktik Kerja Lapangan (PKL) di akhir 2022.

“Pijar” ini merupakan proteksi lengkap sejahtera dari BRI sebagai perlindungan pasti, terjangkau dan beragam untuk resiko kecelakaan, dan meninggal dunia.

Sehingga dengan asuransi ini, mahasiswa PEM Akamigas yang melakukan PKL terjaga dan terlindungi.

Kado berikutnya diserahkan oleh BNI, berupa beasiswa pendidikan bagi mahasiswa berprestasi baik akademik maupun non akademik dan mahasiswa kurang mampu, dengan total nilai Rp. 100.000.000.

Selain itu juga dilakukan penandatanganan Addendum MoU antara PEM Akamigas
dengan Bupati Blora, terkait dengan peningkatan kualitas dan kompetensi putra daerah Kabupaten Blora, dan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama antara PEM Akamigas dengan Kepala DLH Blora, sebagai bentuk peran serta kepedulian PEM Akamigas melalui Program Pengabdian kepada Masyarakat terhadap penanganan sampah di Blora dengan teknik pengolahan biomassa menjadi briket. (Her/El)

Leave a Reply