FOPI Kota Semarang Tempa Mental Atlet Siapkan Porprov Jateng 2023

Atlet Petanque tengah berlatih. /Foto: Ellya.

SEMARANG, 10/11 (BeritaJateng.tv) – Sisi mental akan menjadi fokus utama Pengkot Federasi Olahraga Petanque Indonesia (FOPI) Semarang dalam mempersiapkan atlet menghadapi Porprov Jateng XVI 2023 nanti.

Berkaca dari babak kualifikasi di Jepara, beberapa waktu lalu, mental atlet Ibu Kota perlu menambah jam terbang berlomba untuk mematangkan mental.

”Hasil babak kualifikasi lalu memang melebihi target. Namun, kami melihat sisi mental atlet yang perlu didorong agar mereka lebih tenang. Petanque ini olahraga yang membutuhkan fokus tinggi. Jika tidak tenang, sangat berpengaruh pada kekuatan tangan, sehingga mengurangi akurasi lemparan,” tutur Pelatih petanque Kota Semarang M Bagus Saputra di sela-sela latihan rutin di Graha Wiyata Patemon.

Dari evaluasi yang dilakukan setelah pra-porprov lalu, pihaknya menilai atlet perlu menambah jam terbang dengan mengikuti kejuaraan di berbagai daerah. Dengan demikian, atlet akan lebih tenang sehingga akurasi lemparan juga meningkat.

”Setelah babak kualifikasi, intensitas latihan memang diturunkan untuk cooling down. Latihan lebih banyak untuk menjaga kondisi. Ini menjadi program FOPI Semarang tetap melakukan latihan setelah babak kualifikasi,” tutur Bagus.

Pada saat di Jepara lalu, pihaknya tidak mematok target muluk-muluk. Semula, kata Bagus, FOPI Semarang hanya menargetkan satu emas. Namun, saat kualifikasi lalu atlet Kota Semarang meraih tiga emas, satu perak, dan tiga perunggu. Ini menunjukkan, atlet punya daya saing kuat saat porprov nanti.

”Kami berhasil meloloskan 10 atlet ke Porprov Jateng XVI nanti. Kami optimistis setidaknya bisa mempertahankan perolehan saat babak kualifikasi. Ada peluang untuk melampaui capain pra-porprov,” tuturnya.

Kelolosan cabang petanque masih berdasar by number, sehingga bisa melakukan promosi-degradasi bagi atlet. ”Jadi, meski meraih medali saat kualifikasi lalu, belum tentu bisa masuk tim saat porprov nanti. Kami akan melihat perkembangan mereka (atlet),” jelas Bagus. (Ak/El)

Leave a Reply