Scroll Untuk Baca Artikel
HeadlineNasionalNews Update

Gelombang Omikron Datang, Presiden Minta Kepala Daerah Percepat Vaksinasi dan Galakan Prokes

×

Gelombang Omikron Datang, Presiden Minta Kepala Daerah Percepat Vaksinasi dan Galakan Prokes

Sebarkan artikel ini
Pemkab Blora dengarkan pengarahan Presiden terkait lonjakan kasus Omicron. /Foto: Heri P.

BLORA, 7/2 (BeritaJateng.tv) – Presiden Joko Widodo, Senin (7/2/2022) siang gelar rakornas secara virtual dengan seluruh Kepala Daerah baik tingkat Provinsi maupun Kabupaten se Indonesia.

Presiden menyampaikan dua hal yang perlu mendapatkan perhatian khusus dari para kepada daerah bersama jajaran Forkopimda.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

“Gelombang omikron sudah datang di Indonesia, dan saat ini kasus terbesar ada di wilayah Jawa dan Bali. Bahkan penularannya empat kali lebih cepat daripada delta. Namun begitu tingkat keterisian RS dan Case Fatality Ratenya masih rendah. Ini menandakan vaksin cukup ampuh dalam menekan dampak omikron. Sehingga kita perlu melakukan dua langkah penting,” ucap Presiden.

“Yang pertama adalah segera mempercepat vaksinasi, vaksinasi dosis lengkap hingga booster harus terus kita dorong. Utamakan lansia terlebih dahulu. Saya lihat masih banyak daerah yang vaksinasi lansianya masih dibawah 60 persen. Tolong TNI Polri bisa ikut membantu pemdanya untuk menggenjot ini,” kata Presiden.

Jika stok vaksin di daerah jumlahnya kurang, Presiden meminta Kepala Daerah bisa berkomunikasi langsung dengan Menteri Kesehatan agar stok segera dikirim.

“Selain vaksinasi, poin kedua yang ingin saya sampaikan adalah penekanan kembali kepatuhan masyarakat terhadap protokol kesehatan. Utamanya pemakaian masker, ini penting. Tidak usah banyak-banyak, dua hal itu saja tolong diperhatikan betul-betul. Saya berharap Kepala Daerah bersama unsur TNI Polri bisa bekerjasama untuk dua poin tadi,” tegas Presiden.

Sementara itu, Bupati Blora, H. Arief Rohman, S.IP., M.Si., yang diwakili oleh Wakil Bupati Tri Yuli Setyowati, ST., MM., hadir secara daring dari Ruang Pertemuan Setda Blora guna mengikuti arahan Presiden tersebut.

Turut hadir secara luring terbatas di Ruang Pertemuan Setda Blora diantaranya Dandim 0721/Blora, Letkol. Inf. Andy Soelistyo Kurniawan Putro, S.Sos., M.Tr (Han), Kapolres AKBP Aan Hardiansyah, SH., MH., Kajari Blora, Yohanes Avilla Agus Awanto, SH., perwakilan Danyon 410/Alugoro, Sekda, para asisten, dan OPD terkait (Dinkes, BPBD, Direktur RSUD, dll).

Usai mengikuti arahan Presiden, Wakil Bupati Tri Yuli Setyowati ST., MM., menyampaikan bahwa Pemkab Blora siap menindaklanjuti arahan pemerintah pusat.

“Arahan Presiden akan kami sampaikan ke Bapak Bupati, untuk kemudian kita diskusikan bersama dengan Forkopimda dan OPD terkait. Blora siap untuk terus meningkatkan vaksinasi dan kembali menggencarkan kampanye protokol kesehatan,” ucap Tri Yuli Setyowati.

Pihaknya juga meminta BPBD untuk segera berkoordinasi menyediakan tempat isolasi terpusat (isoter) sebagai bentuk antisipasi jika nantinya terjadi lonjakan kasus pandemic gelombang omikron di Kabupaten Blora.

Tinggalkan Balasan