Hari Keempat Libur Nataru, 79.033 Penumpang Kereta Api Tiba di Wilayah Daop 4 Semarang

Kondisi penumpang Kereta di Stasiun Tawang Semarang. /Foto: Ellya.

Semarang, 26/12 (BeritaJateng.tv) – Sebanyak 79.033 penumpang kereta api tercatat turun di Kota Semarang selama empat hari dimulainya Posko Angkutan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023. Posko Nataru milik PT KAI sendiri telah dibuka sejak 22 Desember lalu.

Ixfan Hendriwintoko selaku Manager Humas PT KAI Daop 4 Semarang mengatakan dari keempat hari tersebut rata-rata kedatangan sebanyak 19.758 pelanggan per hari.

Jika dibandingkan dengan pekan sebelumnya, tandas Ixfan, terdapat peningkatan sebesar 31%, dimana pada tanggal 15 hingga 18 Desember 2022 jumlah pelanggan KA yang tiba sebanyak 60.203 penumpang.

“Adapun rute yang menjadi favorit pelanggan pada periode tersebut adalah rute Jakarta-Semarang, Jakarta-Tegal, Surabaya-Semarang dan Bandung-Semarang,” ujarnya saat memberikan pernyataan pada Senin 26 Desember 2022.

Ixfan kemudian menegaskan bahwa kedatangan tersebut didominasi oleh pelanggan kereta api dari Jakarta maupun Surabaya. Dalam keterangannya, Kedatangan penumpang ke Semarang tertinggi terjadi pada Jumat 23 Desember di mana sebanyak 22.126 pelanggan KA tiba di wilayah Daop 4 Semarang.

Ixfan melihat, pada keberangkatan kereta api tanggal 27 Desember 2022 sampai dengan 8 Januari 2023 jumlah tempat duduk yang disediakan masih banyak tersedia karena rata-rata okupansinya masih terisi sekitar 25 persen dari sebanyak 15.678 tempat duduk yang KAI sediakan setiap harinya.

“Sampai saat ini ada sebanyak 91 perjalanan KA yang berangkat maupun melintas di wilayah Daop 4 Semarang, dengan rincian 67 KA Reguler dan 24 KA Tambahan. Adapun untuk volume tertinggi penumpang yang naik dari wilayah Daop 4 Semarang terjadi pada Jumat sebanyak 20.701 penumpang dan Minggu sebanyak 20.103 penumpang. Diprediksi penumpang naik tertinggi juga akan terjadi pada Minggu atau tahun baru dengan penumpak naik sebanyak lebih dari 20 ribu penumpang,” ungkap Ixfan.

KAI mengajak masyarakat untuk dapat segera melakukan pemesanan tiket kereta api karena jumlah tiket masih banyak tersedia. Pembelian tiket juga cukup mudah bisa melalui aplikasi KAI Access, web KAI, serta berbagai channel resmi penjualan tiket KAI lainnya.

Pada masa Angkutan Nataru 2022/2023 ini, KAI akan memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan yang akan menggunakan jasa transportasi kereta api sehingga pelanggan akan merasa nyaman saat berada di stasiun maupun selama dalam perjalanan.

KAI juga akan menerapkan protokol kesehatan secara disiplin sehingga perjalanan kereta api di masa angkutan nataru ini dapat berjalan dengan sehat, aman, lancar, dan selamat. (Ak/El)

Tinggalkan Balasan