Scroll Untuk Baca Artikel
Opini

Memahami dan Pencegahan Kasus Kriminal Anak di Bawah Umur

×

Memahami dan Pencegahan Kasus Kriminal Anak di Bawah Umur

Sebarkan artikel ini
kasus kriminal
Esmeralda Sinamo, Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Jambi.

Pertama, orang tua, guru, dan masyarakat harus meningkatkan kesadaran mengenai tata cara pengasuhan dan perlindungan anak. Orang tua harus memperhatikan anak-anak mereka secara konsisten dan memastikan bahwa anak-anak mereka tidak terlibat dalam perilaku yang berisiko. Guru juga harus mendapat pelatihan khusus untuk mengenali tanda-tanda perilaku anak yang berisiko dan bagaimana cara menanganinya.

Kedua, pemerintah harus memperkuat sistem perlindungan anak dan penegakan hukum terhadap kasus kriminal anak di bawah umur. Penegakan hukum yang tegas dan adil dapat menjadi penekan yang efektif bagi anak-anak untuk tidak terlibat dalam perilaku kriminal. Pemerintah harus memastikan sistem perlindungan anak harus berjalan dengan baik dan tepat sasaran, sehingga anak-anak yang terancam atau terlibat dalam kasus kriminal dapat mendapatkan perlindungan yang layak.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Ketiga, media juga dapat berperan dalam mencegah kasus kriminal anak di bawah umur. Misalnya memberikan pemberitaan yang bertanggung jawab dan edukatif tentang bahaya dan dampak dari perilaku kriminal pada anak-anak. Dengan memberikan pemahaman dan kesadaran kepada masyarakat mengenai bahaya perilaku kriminal pada anak-anak, masyarakat dapat lebih peduli dan memperhatikan anak-anak dalam lingkungan mereka.

Kesimpulannya, pencegahan kasus kriminal anak di bawah umur memerlukan kolaborasi antara orang tua, guru, masyarakat, pemerintah, dan media. Dengan upaya yang bersama-sama, harapannya dapat memperkecil terjadinya kasus kriminal pada anak di bawah umur. Selain itu bisa membentuk generasi yang lebih sehat dan tangguh di masa depan.

 

Ditulis oleh Esmeralda Sinamo, Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Jambi.

Tinggalkan Balasan