Komisi V DPR RI Minta Kementerian PUPR Lebih Fokus Atasi ROB di Demak

Kunjungan kerja Komisi V DPR RI ke Demak. /foto:Wisnu Budi.

Demak, 20/1 (BeritaJateng.tv) – Bupati Demak meminta agar Pemerintah Kabupaten Demak dapat berkolaborasi dengan Pemerintah Provinsi dan kementerian sesuai dengan kewenangan masing-masing.

Hal tersebut diucapkan nya saat menerima kunjungan kerja Spesifik Komisi V DPR RI di gedung Grhadika Bina Praja Kabupaten Demak, Kamis, (19/1) kemarin.

“Untuk dapat menyelesaikan permasalahan banjir dan rob kawasan pesisir Demak ini, tidak dapat dilakukan hanya oleh Pemkab Demak saja. Namun dibutuhkan kerja sama antara Pemerintah Kabupaten,Pemerintah Provinsi dan Kementrian guna menyelesaikan permasalahan Banjir dan Rob tersebut agar segera dapat teratasi,” terang Eistianah.

Dipimpin Wakil Ketua Komisi V DPR RI Roberth Rouw tersebut berkunjung ke Kabupaten Demak untuk meninjau Infrastruktur. Khususnya di wilayah desa yang terdampak rob seperti Desa Timbulsloko, kemudian dilanjutkan dengan tinjauan ke pintu air Kali tulung di Desa Batu Kecamatan Karangtengah dan terakhir kunjungan ke Calon Terminal Baru yang berada di Jogoloyo Demak.

“Terimakasih untuk segenap rombongan Komisi V DPR RI yang telah menyempatkan waktu untuk hadir dan melihat secara langsung kondisi wilayah wilayah di Kabupaten Demak yang terdampak Rob,Banjir serta kondisi jalan yang terdampak Proyek Pembangunan Jembatan Wonokerto, ” tuturnya.

Selain itu, Bupati juga berharap dengan kedatangan Tim dari DPR RI Komisi V dapat membantu memberikan solusi atas permasalahan yang terjadi di kabupaten Demak.

“Semoga ada bantuan untuk kabupaten Demak, karena dari pemkab Demak tidak sanggup untuk menyelesaikannya sendiri, apalagi di tambah curah hujan yang luar biasa, sehingga semua wilayah ikut terdampak, tidak hanya rumah warga saja namun sampai pertanian, serta Jalan-jalan di sepanjang Pantura juga terdampak,” jelasnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi V DPR RI Roberth Rouw dalam sambutannya mengungkapkan, dampak banjir rob dibeberapa titik di Kabupaten Demak sangat tinggi,yang tentunya akan berpengaruh pada penurunan kualitas hidup masyarakat, kerusakan ekosistem darat dan laut, maupun indikasi peningkatan kemiskinan.

“Persoalan lainnya adalah perlu dilakukannya preservasi Jalan Nasional Pantura untuk menghindari kecelakaan dan kemacetan, termasuk revitalisasi terminal. Pada Kunjungan kerja spesifik ini, Komisi V DPR RI meminta Kementerian PUPR dan Kementerian Perhubungan untuk segera berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Demak agar masalah banjir rob di wilayah ini dapat di atasi,” kata Robert Rouw.(BW/El)

Tinggalkan Balasan