Kotalama Semarang Bakal Dipasang CCTV Khusus Perkuat CCTV Analitik Smart City 

Kota Lama Semarang

SEMARANG, 14/9 (BeritaJateng.tv) – Kawasan Kotalama Semarang bakal dipasang Closed- Circuit Television (CCTV) khusus dibeberapa titik. CCTV yang menggunakan teknologi artifisial Intelligent untuk menunjang CCTV berbasis analitik yang terpasang sebelumnya oleh Pemkot Semarang.

Hal ini juga untuk melengkapi data dari sisi analisa kamera yang telah ada demi keamanan dan kenyamanan pengunjung saat berada di ikon destinasi wisata Kota Semarang.

Komisaris PT Energi Amerta Nusantara, Andrew Prayudi mengatakan, CCTV khusus ini nantinya akan dipasang di beberapa titik di kawasan Kotalama Semarang. Karena dirinya melihat kamera yang terpasang sebelumnya sudah banyak, tinggal memperkuatnya dengan memberikan data analisa dari rekaman CCTV tersebut.

“Saya melihat kamera CCTV sudah banyak terpasang di Kota Semarang, karena berkembang sebagai Smart City dan apalagi saat ini mulai mengembangkan ke sisi analitik, dibantu pihak universitas,” terangnya, baru-baru ini.

Kemudian, dengan pemasangan CCTV ini diharapkan dapat membantu mengantisipasi cyber attack yang masuk ke sebuah instansi atau pemerintahan, sehingga perlu diperkuat sistem keamanannya.

“Selain bisa memberikan analisa dari rekaman CCTV yang ada, kemudian juga mendeteksi rekaman jika ada sebuah kejadian dalam waktu sekitar 20 menit, datanya bisa terlihat dan keluar semua, seperti gendernya, anak -anak atau wanita dalam bentuk grafik. Termasuk ini untuk memperkuat jika ada cyber attack, baik dari berupa ancaman kecil, sampai benar benar punya resiko tinggi, “imbuhnya.

Tak hanya itu, dikatakan dia bahwa CCTV yang diperkenalkan di Kota Semarang ini selain memonitor situasi lingkungan sekitar juga bisa mendeteksi perubahan temperatur, perubahan tingkat cahaya dan desibel suara. “Produk energi terbarukan yang kami perkenalkan antara lain juga seperti thermal tubing, vasad solar panel, flexibel solar panel. Ini sesuai untuk memastikan dari sisi keamanan dengan investasi jangka panjang,” pungkasnya. (Ak/El)

Leave a Reply