Scroll Untuk Baca Artikel
Jateng

Pemudik Mulai Masuk Jateng, Begini Skenario Antisipasi Kemacetan di Exit Tol Pejagan Brebes

×

Pemudik Mulai Masuk Jateng, Begini Skenario Antisipasi Kemacetan di Exit Tol Pejagan Brebes

Sebarkan artikel ini
tol pajagan brebes mudik
Sumarno (kedua dari kanan) di sela tinjauan di Exit Tol Pejagan Jumat, 5 April 2024. (Dok Pemprov)

BREBES, beritajateng.tv – Gelombang pemudik dari Jabotabek maupun Jawa Barat diprediksi mulai masuk Jawa Tengah pada Jumat, 5 April 2024 sore. Petugas kepolisian mulai menyiapkan skenario mengantisipasi kemacetan kendaraan pemudik di Exit Tol Pejagan Brebes.

“Beberapa skenario telah Polres Brebes siapkan untuk mengantisipasi kemacetan kendaraan di Exit Tol Pejagan,” ujar Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah, Sumarno di sela tinjauan di Exit Tol Pejagan Jumat, 5 April 2024.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Sumarno menjelaskan, pintu Tol Pejagan merupakan salah satu titik rawan yang harus ada antisipasinya. Musababnya, pemudik yang keluar di daerah tersebut sebagian besar tujuan Banyumas, Cilacap, Kebumen, dan sekitarnya.

“Kalau di exit Tol Pejagan terjadi penumpukan kendaraan, maka akan ditutup dahulu kemudian dilepas ke arah Slawi atau Pemalang,” katanya.

BACA JUGA: Walikota Sidak SPBU, Minta Pertamina Pastikan Ketersediaan dan Keamanan BBM Saat Lebaran

Selain pengarahan ke Slawi dan Pemalang, untuk kendaraan yang sudah keluar dari Tol Pejagan, maka jalur Non-tol menuju Banyumas dan Bumiayu juga akan ada pemberlakuan rekayasa lalu lintas. Salah satunya menerapkan sistem satu arah (one way) dari Exit Tol Pejagan hingga Bumiayu Kabupaten Brebes.

Durasi tempel kartu e-toll jadi perhatian

Selain itu, waktu tempel kartu elektronik di pintu masuk atau keluar jalan tol pun jadi perhatian. Sebab biasanya, durasi tap kartu e-toll cukup memakan waktu hingga menimbulkan antrean di pintu tol.

“Ini juga sudah tersedia mobile taping. Sehingga selain mengantre, ada petugas taping keliling sehingga bisa langsung jalan,” katanya.

Tinggalkan Balasan