PermataBank dan Bangkok Bank Permudah Transaksi Lintas Negara dengan QR Pay Cross-Border

Ilustrasi Permata Bank. (Permata Bank)

JAKARTA, 4/9 (beritajateng.tv) – PermataBank sebagai bagian dari Bangkok Bank Group, menghadirkan inovasi teknologi untuk mempermudah transaksi lintas negara melalui QR Pay Cross-Border.

PermataBank menghadirkan fitur QR Pay Cross-Border dalam aplikasi mobile banking PermataMobile X. Implementasi QRIS antar negara menjadi sebuah alat transaksi antar negara, terutama ASEAN agar lebih efisien.

Dengan begitu, transaksi UMKM dan dunia pariwisata antar negara pun menjadi lebih mudah. Dengan hadirnya alat transaksi terbaru ini, QRIS saat ini sudah dapat digunakan di Thailand. Masyarakat hanya memindai atau scan barcode untuk melakukan transaksi di Thailand. Mereka tidak perlu menggunakan uang atau valuta asing sehingga perjalanan keluar negeri pun menjadi lebih mudah, aman, dan nyaman.

Direktur Utama PermataBank, Meliza M Rusli mengatakan, saat ini sektor UMKM dan pariwisata masih menjadi tulang punggung ekonomi Indonesia. Dengan hadirnya sistem pembayaran terbaru ini, nasabah dapat melakukan transaksi dengan mudah dan cepat, serta dalam jaringan yang lebih luas dan tak terbatas pada satu negara.

“Selain itu, PermataBank juga ingin mendukung upaya pemerintah dalam meningkatkan efisiensi transaksi lintas negara di ASEAN melalui QR Pay Cross-Border serta mewujudkan ekosistem cashless society,” katanya, Kamis (4/9/2022).

Dengan semakin mudahnya akses transaksi lintas negara menggunakan QR code, akan membuka kesempatan bagi UMKM dan pariwisata Indonesia untuk menjangkau pasar global.

Menurutnya, potensi transaksi pembayaran QR di Thailand sangat besar dimana Thailand merupakan salah satu destinasi populer turis dari Indonesia dan perkembangan layanan pembayaran QR di Thailand berkembang sangat pesat.

“Berdasarkan data di tahun 2021, saat ini sudah ada lebih dari 5 juta merchants di Thailand bisa menerima metode pembayaran QR dan hampir 80 persen masyarakat Thailand memiliki tingkat kepercayaan yang tinggi atas metode pembayaran QR,” ujarnya.

Dengan Bangkok Bank sebagai pemegang saham pengendali dari PermataBank, pihaknya percaya hal ini juga akan turut menguatkan potensi transaksi QR pay Cross-Border PermataMobile X di Thailand. (*)

editor: ricky fitriyanto

Leave a Reply