Pindapata Tradisi Kuno Berbagi dan Peduli Bagi Sesama di Vihara Tanah Putih Semarang

Pindapata Tradisi Kuno Berbagi dan Peduli Bagi Sesama di Vihara Tanah Putih Semarang

Semarang, 16/5 (BeritaJateng.tv) – Ada pemandangan berbeda di Vihara Tanah Putih, Kota Semarang, Jateng, Senin (16/5) pagi. Puluhan umat Budha melakukan ritual “Pindapata” atau berbagi dana makanan kepada Bhiku.

Dalam pantauan tim, prosesi dilakukan dengan cara umat memberikan berbagai jenis makanan dan minuman kepada Bhiku melalui mangkok besar. Jenis makanan dan minuman itu beragam, mulai dari makanan ringan hingga makanan berat.

Bhiku Catamano Mahatera selaku Kepala Vihara Tanah Putih Semarang mengatakan Pindapata merupakan tradisi para Bhiku sejak zaman dahulu untuk menerima dana makanan dari umat.

“Melalui prosesi ini, umat memiliki kesempatan berbagi dana makanan kepada bhiku, untuk menyokong kehidupan para bhiku,” kata Bhiku Catamano.

Bhiku Catamano menyebut melalui prosesi ini umat diajak berbagi kepada sesama yang membutuhkan, tak hanya kepada Bhiku.

Ia menegaskan, sebagian dana makanan ini bakal dibagikan kepada mereka yang membutuhkan.

“Umat punya kesempatan untuk berdana makanan, latihan untuk melepas keterikatan kita dengan materi dunia. Sesungguhnya, dana makanan ini tidak hanya untuk Bhiku tetapi kepada siapa saja yang mmbutuhkan. Orang kalau biasa melepas rejeki maka hidupnya akan damai, tetapi kalau terus terikat jutsru itu akan jadi beban batin,” jelasnya.

Oleh karena itu dirinya mengajak umat Budha melepas rejeki dengan cara memberi dan peduli kepada siapapun yang membutuhkan.

“Bhiku hanya akan mengambil sebagian. Selebihnya kami bagikan kepada mereka yang membutuhkan seperti yang di panti jompo, panti asuhan, yang sepuh dan lain lain,” terangnya.

Ia menyebut acara ini akan dirangkai dengan peringatkan puncak Waisak pada pukul 11.13 WIB hari ini. (Ak/El)

Leave a Reply

Your email address will not be published.