Popda 2022 Resmi Dibuka, Kabupaten Semarang Targetkan Borong Medali

Popda 2022 yang digelar di Kabupaten Semarang Resmi Dibuka

Ungaran, 9/6 (BeritaJateng.tv) – Bupati Semarang Ngesti Nugraha secara resmi membuka Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) 2022 yang diselenggarakan oleh Disdikbudpora kabupaten Semarang.

Kegiatan tersebut berlangsung pada hari Senin (6/6) kemarin di GOR Pandanaran Wujil yang diikuti perwakilan pelajar dari kabupaten Demak, Kendal, kota Semarang dan Salatiga

Bupati Semarang mengapresiasi positif serta merasa bangga menjadi tuan rumah digelarnya Popda 2022 yang berlangsung mulai tanggal 6 – 11 Juni mendatang.

Cabang olahraga yang dipertandingkan diantaranya adalah Taekwondo, Pencak silat, Sepak bola, Bola voly, Sepak takraw, Futsal dan Bola tangan.

“Popda tahun ini semoga bisa menjaring bibit atlet yang berprestasi disetiap cabornya yang kedepannya bisa membawa harum daerahnya sukur bisa sampai ketingkat internasional,” tutur Bupati Semarang.

Dalam pencarian bibit atlet, lanjut Ngesti Nugraha, harus mengedepankan sportifitas selama pertandingan berlangsung, karena hal tersebut merupakan hal yang utama dalam suatu pertandingan olahraga.

” Intinya mereka masih pelajar dan harus ditekankan sportifitas dalam pertandingan,” terang Ngesti Nugraha.

Sementara itu, salah satu cabang olahraga yang diunggulkan kabupaten Semarang ‘Taekwondo’ yang nantinya akan berlangsung pada hari Jumat dan Sabtu mendatang.

Menurut Deddi Fajar Wijaya selaku Ketua Pelaksana Popda Cabor Taekwndo yang juga merangkap Ketua PengKab Taekwondo Semarang, ada 10 kelas yang dipertandingkan, yaitu 5 kelas putra dan 5 kelas di putri, di ikuti sekitar 50 atlet dari 6 kota dan kabupaten.

“Kita selaku tuan rumah menargetkan perolehan 4 emas dari 10 kelas yang dipertandingkan,” tegas Deddi Wijaya.

Penggiat olahraga Taekwondo ini juga berkiprah di PengProv T.I Jateng sebagai Komisi Pelajar dan Mahasiswa mengungkapkan jika Popda ini merupakan kejuaraan berjenjang, dimana tingkat selanjutnya berupa Popda Provinsi. Diharapkan atlet dari cabor Taekwondo kabupaten Semarang kelak bisa berkiprah hingga ke jenjang yang lebih tinggi.

Dilain sisi Taekwondo Pemkab Semarang beberapa minggu ini sedang maraton kegiatannya, terlebih pihaknya pada minggu lalu mengirimkan 51 peserta dalam ujian persamaan yang berlangsung di Gor Jatidiri Semarang.

Sedangkan untuk minggu ini sebagai tuan rumah Popda Karisidenan dan minggu depan akan mengikuti ujian kenaikan tingkat DAN 1 sampai DAN 4 di Tawangmangu mendatang.

” Sayangnya popda kali ini hanya menandingkan kelas kyorugi (fight) sedangkan yang kelas poomsae (jurus) keputusan dari dinas, untuk tidak di tandingkan dahulu,” ucap Deddi.

Meskipun demikian pembinaan atlet Taekwondo tetap intens dilaksanakan secara rutin. Tak segan, Deddi Wijaya selaku ketua terjun langsung memonitor program pelatihan atlet nya.

Wasit yang bertugas di Popda cabor Taekwondo 2022 kali ini terdiri dari 4 wasit nasional dan 5 wasit daerah.
Dana sistem pertandingan mengacu kepada induk organisasi dunia yaitu world taekwondo federation.

Sedangkan penghitungan skor kejuaraan menggunakan sistem digital yaitu Protector Scoring System / PSS. (BW/El)

Leave a Reply