Scroll Untuk Baca Artikel
Uncategorized

PPDB Sampai 31 Maret, Peminat SMKN Jateng Semi Boarding Masih Sedikit, Ini Cara Daftarnya

×

PPDB Sampai 31 Maret, Peminat SMKN Jateng Semi Boarding Masih Sedikit, Ini Cara Daftarnya

Sebarkan artikel ini
SMKN jateng
Siswa SMKN Jateng (Dok. SMKN Jateng)

SEMARANG, beritajateng.tv – Sisa 10 hari lagi, pendaftaran PPDB SMKN Jateng dan SMK Semi Boarding di Jawa Tengah akan ditutup.

Kepala SMKN Jateng di Semarang, Hardo Sujatmiko mengungkap sudah ada 2.700 pembuat akun yang mendaftar dari 777 kursi yang tersedia. Menurut Hardo, kebanyakan dari mereka mendaftar untuk SMKN Jateng.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Sementara itu, Hardo menuturkan peminat SMK Semi Boarding masih cukup sepi jelang hari penutupan pendaftaran.

“Minat warga untuk mendaftar ke SMKN Jateng di Semarang, Pati, dan Purbalingga itu cukup tinggi. Tapi untuk pendaftar SMKN Semi Boarding di 15 kabupaten masih minim, padahal fasilitas yang diperoleh hampir sama dan semuanya gratis,” ujar Hardo, Jum’at 22 Maret 2024.

Menurutnya, PPDB SMKN Jateng dan SMK Semi Boarding merupakan kesempatan baik untuk warga kurang mampu di Jawa Tengah dalam mengakses pendidikan. Sehingga, pihaknya berharap warga Jawa Tengah bisa memanfaatkan kesempatan ini.

“Ini kesempatan bagi warga Jawa Tengah yang kurang mampu untuk bisa mengikuti pembelajaran sebagai siswa semi boarding atau boarding. Dari makan, minum, seragam, dan lain-lain itu semuanya gratis,” tandas Hardo.

Pemilih SMKN Jateng Boarding

Lebih lanjut, Wakil Kepala SMKN Jateng Bidang Humas, Heri Purnomo membenarkan pembuat akun masih cenderung memilih SMKN Jateng boarding (asrama) yang berlokasi di Semarang, Pati, dan Purbalingga.

“Sebaran pemilih tak merata, lebih banyak peminat di SMKN yang boarding. Kalau pendaftar di semi boarding itu misal kuota ada 30, tapi pendaftarnya baru 40,20, atau baru 10 orang. (Khawatirnya) banyak siswa miskin tak diterima karena mendaftar SMKN Jateng boarding,” tuturnya.

BACA JUGA: HUT PWI ke-78: Deretan Pemenang Lomba Menulis Artikel Tingkat SMA/SMK Blora

Hery pun membeberkan alasan mengapa SMKN Jateng masih jadi pilihan. Alasannya, masih banyak warga yang belum memahami terkait SMKN Semi Boarding.

“Yang membedakan itu lingkungannya. Kalau full boarding (SMKN Jateng), seluruh siswanya dalam satu sekolah boarding semua. Kalau semi boarding, mereka diasramakan tetapi saat pembelajaran siswanya bergabung bersama siswa reguler di SMK tersebut,” paparnya.

Tinggalkan Balasan