Scroll Untuk Baca Artikel
Gaya Hidup

Ramai Dibahas Netizen! Berikut Terowongan KA Nonaktif di Pangandaran yang Jadi Latar Film Siksa Kubur

×

Ramai Dibahas Netizen! Berikut Terowongan KA Nonaktif di Pangandaran yang Jadi Latar Film Siksa Kubur

Sebarkan artikel ini
Terowongan Siksa Kubur
Ilustrasi terowongan di film Siksa Kubur. (Foto: Dok. Rapi Film)

Terowongan tersebut dibangun menembus pegunungan dan memecah batuan andesit hanya dengan menggunakan bor tangan. Meskipun mendapat banyak kesulitan, Staatsspoorwagen terus melanjutkan pembangunan jalur ini karena sangat bermanfaat.

Berikutnya yaitu terowongan Hendrik dengan panjang 105 meter yang sekarang telah menjadi akses jalur alternatif. Namanya terinspirasi dari suami Ratu Wilhelmina Heinrich Wladimir Albrecht Erns of Mecklenburg-Schwerin merupakan pangeran Belanda pada tahun 1901-1934.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Terakhir yaitu ada terowongan Juliana yang kini menjadi latar film Siksa Kubur. Pembangunan terowongan tersebut dibentuk membelok pada bagian tengahnya sehingga kita tidak bisa melihat bagian ujungnya.

Karena itulah, masyarakat lokal sering menyebutkan terowongan tersebut sebagai terowongan bengkok. Nama terowongan tersebut terinspirasi dari nama ratu Belanda Juliana Louise Marie Wihelmina Van Oranje-Nassau, Ia merupakan penerus Ratu Wihelmina.

Terowongan tersebut sekarang yang lagi naik daun dan ramai lantaran menjadi latar film Siksa Kubur. Ketiga terowongan tersebut beserta jalur KA Banjar-Cijulang pernah menjadi bagian dari kehidupan warga Ciamis, Banjar dan Cijulang hingga tahun 1982.

Itulah informasi seputar 3 terongan KA yang berlokasi di Pangandaran dan salah satunya menjadi latar film Siksa Kubur. (*)

Tinggalkan Balasan