Scroll Untuk Baca Artikel
Jateng

Tingkatkan Kepercayaan Publik, Diskusi Trustworthy AMSI Jateng Gandeng KPU Hingga Akademisi

×

Tingkatkan Kepercayaan Publik, Diskusi Trustworthy AMSI Jateng Gandeng KPU Hingga Akademisi

Sebarkan artikel ini
Pemilu Media
Diskusi Trustworthy bertajuk “Media di Tengah Dinamika Pemilu 2024” di Hotel KHAS Kota Semarang, Rabu, 28 Februari 2024. (Foto: AMSI Jateng)

SEMARANG, beritajateng.tv – Sebagai pembuka Konferwil III AMSI Jateng 2024, Diskusi Trustworthy bertajuk “Media di Tengah Dinamika Pemilu 2024” telah berlangsung di Hotel KHAS Kota Semarang, Rabu, 28 Februari 2024.

Dipandu oleh Perwakilan AMSI Jawa Tengah, Intan Nurlaili, sebagai moderator, keterpercayaan publik terhadap pemberitaan media di tengah Pemilu menjadi fokus utama diskusi tersebut.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Pada kesempatan itu, Anggota Bawaslu Jateng, Nur Kholiq dan Anggota KPU Jateng, Akmaliyah turut hadir untuk berbagi pengalamannya sebagai penyelenggara Pemilu kepada perwakilan media yang hadir.

Wakil Ketua Umum AMSI, Upi Asmaradhana, menuturkan, tingkat kepercayaan publik terhadap pemberitaan saat ini mengalami penurunan. Utamanya, pemberitaan yang terjadi sepanjang Pemilu 2024.

“Dalam satu dekade terakhir, tingkat kepercayaan pada media mengalami penurunan. Ini juga berdampak pada jumlah ikan yang diserap,” ujar Upi.

BACA JUGA: Dorong Ekosistem Bisnis Media, AMSI Gelar Diskusi Trustworthy di Semarang

Sehingga, dalam hematnya, eksistensi Trustworthy atau indikator keterpercayaan publik terhadap pemberitaan menjadi penting untuk dimiliki media saat ini.

“Kita melakukan sosialisasi Trustworthy ini, menjadikan media teman-teman lebih yakin bahwa itu terpercaya,” bebernya.

Ada beberapa indikator bagi sebuah media yang hendak menggunakan Trustworthy itu menurut Upi. Salah satunya ialah mengumumkan secara terbuka kepada pembaca bagaimana penaggung jawaban alamat, susunan organisasi redaksi dan manajemen, serta mencantumkan kepemilikan perusahaan di laman media masing-masing.

Tinggalkan Balasan