Scroll Untuk Baca Artikel
Pendidikan

Selama Ramadhan, Disdik Kota Semarang Atur Jam Belajar Siswa Lebih Singkat dan Pulang Lebih Awal, Ini Jadwalnya

×

Selama Ramadhan, Disdik Kota Semarang Atur Jam Belajar Siswa Lebih Singkat dan Pulang Lebih Awal, Ini Jadwalnya

Sebarkan artikel ini
bambang pramusinto Sekolah Ramadhan
Kepala Disdik Kota Semarang, Bambang Pramusinto. (Fadia Haris Nur Salsabila/beritajateng.tv)

SEMARANG, beritajateng.tv – Selama bulan Ramadhan 1445 H, kegiatan belajar mengajar (KBM) siswa sekolah di beberapa wilayah umumnya akan berubah. Begitu juga di Kota Semarang.

Dinas Pendidikan Kota Semarang melalui Edaran Jam Kerja Pegawai dan Beban Belajar Selama Bulan Ramadhan 1445 H mengeluarkan beberapa perubahan untuk jenjang PAUD, TK, SD, dan SMP.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Antara lain pengurangan jam pelajaran hingga ketentuan jam masuk sekolah yang lebih siang serta jam pulang yang lebih awal.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Semarang, Bambang Pramusinto, menjelaskan, perubahan jam sekolah di satuan pendidikan di Kota Semarang selama bulan Ramadhan rutin setiap tahunnya.

BACA JUGA: Sambut Bulan Suci Ramadhan 2024, Ratusan Santri di Blora Ikuti Pawai Ta’aruf

“Tidak beda jauh dengan tahun kemarin. Beban pelajaran tahun ini dikurangi juga,” ujarnya saat beritajateng.tv hubungi, Selasa, 12 Maret 2024.

Perubahan jam belajar bagi siswa tersebut, kata Bambang, bertujuan agar para siswa lebih khusyuk dalam menjalankan ibadah puasa. Selain itu, durasi jam belajar yang lebih singkat juga bertujuan agar siswa dan para guru bisa lebih maksimal dalam menjalankan ibadah puasa.

“Biasanya kan SMP 45 menit perjam pembelajaran. Saat Ramadhan hanya pulang lebih awal,” kata Kepala Bidang Pembinaan SMP, Aloysius Kristiyanto.

Perubahan jam belajar selama Ramadhan kebijakan masing-masing sekolah

Kristiyanto menjelaskan, selama Ramadhan 1445 H ini, siswa PAUD, TK, dan SD masuk sekolah pada pukul 07.30 WIB. Sementara siswa SMP tidak mengalami perubahan, yakni tetap pukul 07.00 WIB.

Tinggalkan Balasan