Senam Sicita PDI Perjuangan di Jateng Diikuti 70 Ribu Orang

Ratusan orang mengikuti Senam Cinta Tanah Air (Sicita) di Panti Marhaen, kantor DPD PDI Perjuangan Jateng. (ricky fitriyanto/beritajateng.tv)

SEMARANG, 20/5 (beritajateng.tv) – Sekitar 70 ribu orang di Jateng mengikuti Senam Cinta Tanah Air (Sicita) yang digelar PDI Perjuangan. Senam massal ini digelar untuk mengkampanyekan hidup sehat dan mencatatkan rekor senam dengan peserta terbanyak di Indonesia.

Bendahara DPD PDI Perjuangan Jateng, Agustina Wilujeng Pramestuti mengatakan Senam Sicita merupakan program dari DPP PDI Perjuangan dan dilaksanakan di seluruh Indonesia secara serentak pada Jumat, 20 Mei 2022 pukul 07.00.

“Tujuannya mengampanyekan budaya hidup sehat. Terlebih lagi saat ini pandemi Covid-19 berangsur melandao dan masyarakat tetap diminta menjaga kesehatan dengan senam,” ujarnya usai kegiatan Senam Sicita di Panti Marhaen, Kantor DPC PDI Perjuangan Jateng, Jumat (20/5/2022).

Dia menambahkan, senam adalah hal yang sehat dan bisa dilakukan secara rutin setiap hari. PDI Perjuangan mengajak masyarakat menjaga budaya sehat.

Senam Sicita di Panti Marhaen dikomandani Kriseptiana yang juga istri Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi. Turut hadir anggota Fraksi PDI Perjuangan yang duduk di DPRD Jateng.

Agustina menjelaskan total peserta yang tercatat ikut serta di Jateng sebanyak 70 ribu orang. Mereka tersebar di DPD dan DPC di 35 kabupaten/kota. Selain itu sejumlah anggota DPR RI, DPRD Provinsi, dan kabupaten/kota turut menyelenggarakan di lokasi daerah pemilihannya.

“Peserta disini saja (Panti Marhaen) 700-an orang. Kemudian dengan peserta yang lewat zoom, bisa 1.500-an. Kalau di Jateng yang sudah dilaporkan ada 70 ribu orang,” ujarnya.

Dirinya belum mengetahui berapa jumlah peserta Senam Sicita seluruh Indonesia lantaran masih menunggu laporan dari masing-masing DPD.

Agustina menjelaskan, kebanyakan peserta senam Sicita adalah perempuan. Meski ada juga laki-laki namun persentasenya kecil. Mereka tergabung dalam kelompok-kelompok senam dan diundang dalam acara penciptaan Rekor MURI tersebut.

“Yang suka senam kan biasanya perempuan. Senam ini ringan untuk semua usia, dan durasinya hanya 10-15 menit. Sehingga bagus untuk dilakukan rutin setiap hari,” katanya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published.