Warga Mendadak Kaya Usai Terima Ganti Untung Perluasan Lahan Bandara Ngloram Blora

Warga Mendadak Kaya Usai Terima Ganti Untung Perluasan Lahan Bandara Ngloram Blora

BLORA, 14/7 (BeritaJateng.tv) – Puluhan warga desa Ngloram, Kecamatan Cepu, Kabupaten Blora, Jawa Tengah menjadi kaya mendadak usai menerima ganti untung perluasan lahan Bandar Udara (Bandara) Ngloram.

Sebanyak 22 Kepala Keluarga (KK) ini menerima kompensasi dari Kementrian Perhubungan udara mulai dari Rp. 200 juta hingga Rp. 2 Milyar.

Pembayaran ganti untung itu diberikan langsung oleh pengelola Bandara Ngloram bersama Pemerintah Kabupaten Blora.

Dalam pembebasan lahan itu Kementrian Perhubungan Udara mengucurkan anggaran mencapai Rp. 14 Milyar dari APBN tahun 2022.

“Dari pembebasan lahan tahap ketiga ini saya mendapatkan dua milyar lebih. Luas lahan saya 4670 m2. Saya sudah tiga tahap ini. Yang pertama dapat Rp.180.000.000. Dengan luas 400m2, yang kedua 422m2 dapat uangnya Rp. 222.000.000 yang ketiga ini Rp. 2.086.000.000,” kata Wahyu Agung Nugroho, Kamis (13/7/2022).

Uang sebesar itu, kata Wahyu, akan dibelikan lagi lahan pertanian karena mayoritas petani. Sebagian akan dibuat usaha. Ia mengaku lahan yang dimilikinya itu adalah warisan dari kedua orang tuanya.

Ariadi Widiawan kepala Unit Pengelola Bandar Udara (UPBU) Dewandaru mengatakan perluasan lahan ini adalah untuk menunjang keselamatan penerbangan saja, bukan untuk pembangunan.

“Karena jangan sampai ada warga yang membangun warung ditengah area kita, kan tidak bisa kita larang. Tapi kalau sudah milik Bandara kan kita bisa pagar,” kata Ariadi.

Ditambahkan Ariadi kalau untuk pembangunan pihaknya berharap kepada Pemerintah Kabupaten untuk pembesan lahan kurang lebih 200 X 200 m2, untuk perpanjangan landasan.

“Karena target kami, kemungkinan besar disini nanti akan didarati pesawat private jet (pesawat pribadi) para Sultan Sultan itu lho,” imbuhnya.

Pihakanya juga meminta kepada Gubernur Jawa Tengah pembebasan lahan untuk sisi daratnya. Yakni untuk gedung perkantoran, administrasi dan gedung stekholder lain seperti meteorologi, Airnad dan lainya.

Sementara Bupati Blora H. Arief Rohman meminta warga yang mendadak kaya itu untuk menggunakanya dengan baik. Jangan sampai dihambur hamburkan untuk hal yang tidak penting. (Her/El)

Leave a Reply

Your email address will not be published.