Scroll Untuk Baca Artikel
Kesehatan

Ajak Masyarakat untuk Rutin, Ini Manfaat Donor Darah Menurut PMI Kota Semarang

×

Ajak Masyarakat untuk Rutin, Ini Manfaat Donor Darah Menurut PMI Kota Semarang

Sebarkan artikel ini
donor darah pmi semarang
Masyarakat mengikuti kegiatan donor darah yang digelar oleh PMI Kota Semarang dan Arpusda Jateng, Jumat 14 Juli 2023. (Fadia Haris Nur Salsabila/beritajateng.tv)

SEMARANG, beritajateng.tv – Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Semarang mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk rutin donor darah. Selain sebagai bentuk kepedulian antar sesama, mendonorkan darah secara rutin juga merupakan bentuk monitoring kesehatan tubuh.

“Kami mengajak kalangan muda, remaja, dan seluruh masyarakat untuk rutin mendonorkan darah karena donor darah membuat kita sehat. Jadi, memang benar-benar menjamin kesehatan karena setiap kali kita ambil darah, kita cek lagi di laboratorium,” kata Haikal, petugas PMI Kota Semarang pada acara donor darah massal di Arpusda Jateng, Jumat, 14 Juli 2023.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Donor darah, lanjut Haikal, merupakan salah satu bentuk monitoring kesehatan tubuh yang paling efektif. Sebab nantinya, setiap kantong darah yang terkumpul akan dicek secara mendalam oleh PMI sebelum disalurkan kepada orang yang membutuhkan.

BACA JUGA: Gandeng PMI Kota Semarang, Arpusda Jateng Gelar Donor Darah Massal, Ini Alasan Batasi Pendonor

“Kita bisa tahu dia bermasalah atau enggak, terutama penyakit darah, Hepatitis, hingga HIV/Aids,” lanjutnya.

Selain dapat mendeteksi penyakit dalam, donor darah juga dapat mengetahui sejauh mana kondisi tubuh. Hal tersebut karena, kata Haikal, pendonor perlu melakukan pemeriksaan awal seperti HB, berat badan, dan jam tidur sebelum mendonorkan darahnya.

Tinggalkan Balasan