Apel Kehormatan dan Renungan Suci di TMP Giri Tunggal Semarang Berlangsung Khidmat

Apel Kehormatan dan Renungan Suci di TMP Giri Tunggal Semarang Berlangsung Khidmat

Semarang, 17/8 (BeritaJateng.tv) – Sebagai bentuk penghormatan terhadap jasa-jasa para pahlawan, Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Widi Prasetijono memimpin Apel Kehormatan dan Renungan Suci (AKRS) HUT ke-77 RI di Taman Makam Pahlawan Giri Tunggal, Jalan Sriwijaya, Rabu (17/8/2022) dini hari.

Kegiatan diawali dengan penghormatan kepada arwah para pahlawan, dilanjutkan pembacaan naskah AKRS serta penyalaan obor. Seluruh rangkaian acara tersebut dilangsungkan secara khidmat.

Kapendam IV/Diponegoro Letkol Inf Bambang Hermanto, S.IP. mengungkapkan bahwa tujuan kegiatan AKRS ini adalah untuk mengenang dan menghormati jasa pahlawan perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia serta menumbuhkan jiwa nasionalisme.

“Kegiatan Apel Kehormatan dan Renungan Suci ini bisa kita jadikan sebagai momentum dan pengingat akan perjuangan para pahlawan dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan NKRI,” ungkapnya.

Selain itu juga AKRS bisa dijadikan sebagai bahan renungan tentang hikmah yang tersimpul dari peristiwa sejarah. Sehingga bisa dihayati dan dipahami makna perjuangan para pahlawan yang tidak hanya mengorbankan tenaga dan harta namun juga darah dan nyawa untuk mengusir penjajah sehingga Indonesia menjadi bangsa yang berdaulat dan bermartabat.

Hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya adalah Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, S.H., M.IP, para Asisten Kasdam IV/Dip, Danlanal Semarang Kolonel Marinir Hariyono Masturi, M. Tr. Hanla, M. M ., Forkopimda Provinsi Jateng, Organisasi kepemudaan, Pramuka, serta organisasi masyarakat (Ormas) Jawa Tengah. (Ak/El)

Leave a Reply