Dilantik jadi Ketua Dekopinwil Jateng, Andang Siap Jadikan Koperasi Kreatif dan Inovatif

Ketua Dewan Koperasi Indonesia Wilayah (Dekopinwil) Jateng Andang Wahyu Triyanto mengibarkan bendera usai dilantik. (Ricky Fitriyanto/beritajateng.tv)

SEMARANG, 27/8 (beritajateng.tv) – Anggota Komisi B DPRD Jateng Andang Wahyu Triyanto dilantik sebagai Ketua Dewan Koperasi Indonesia Wilayah (Dekopinwil) Jateng masa jabatan 2022-2025. Pelantikan dilakukan oleh Ketua Umum Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) Sri Untari. Andang dilantik oleh bersama segenap pengurus Dekopinwil Jateng di Hotel Quest Semarang, Kamis (25/8/2022) malam. Kegiatan pelantikan tersebut dibarengkan dengan Rakernas Dekopin.

Usai dilantik, Andang mengajak para pengurus Dekopinwil Jateng untuk bersama-sama melanjutkan perjuangan pergerakan koperasi. Selain itu dia juga segera melakukan evaluasi kinerja pengurus untuk selanjutnya  menjalankan program kerja di bawah kepemimpinannya.

Menurut dia, sumber daya manusia (SDM) yang mengelola koperasi harus profesional, punya kemampuan dan kemauan. Koperasi juga harus mengikuti perkembangan zaman, menerapkan digitalisasi, inovatif, dan kreatif.

“Koperasi harus mampu menjadi lembaga bisnis dan lembaga ekonomi yang kreatif. Kaum milenial harus menjadi bagian pergerakan koperasi di Jateng,” ujarnya.

Politisi PDI Perjuangan itu mengungkapkan, Dekopin merupakan lembaga yang strategis dalam pemulihan ekonomi kerakyatan. Koperasi juga menjadi soko guru perekonomian. Dia juga  menginginkan lembaga koperasi bisa membawa aspirasi para pelaku usaha.

“Yang tidak kalah penting Dekopin Jateng harus mampu menyatukan dan menyelaraskan program pemerintah dalam bidang pemulihan dan kebangkitan ekonomi,” tandasnya dalam acara yang turut dihadiri Ketua Kadin Jateng Harry Nuryanto Soediro tersebut.

Selain itu, pihaknya siap berkolaborasi dengan pihak- pihak selain koperasi untuk pengembangan bisnis dan kerjasama.

Ketua Umum Dekopin Sri Untari berharap, dengan dilantiknya kepengurusan baru Dekopinwil Jateng  bisa membesarkan dan memajukan koperasi di wilayahnya.

“Di era digitalisasi ini tentu tantangan kita ke depan akan lebih berat dalam menjalankan regulasi perkoperasian. Saya berharap akan lebih banyak lagi bermunculan generasi- generasi muda yang bisa membesarkan koperasi,” katanya. (*)

editor: ricky fitriyanto

Leave a Reply