Dishub Siapkan Posko Induk dan Portable Antisipasi Kemacetan saat Idul Adha

Kepala Dishub Kota Semarang, Endro P. Martanto.

Semarang, 23/6 (BeritaJateng.tv) – Mengantisipasi kemacetan atau kepadatan kendaraan terutama di pusat keramaian, seperti di Kawasan Masjid Besar Kauman dan pusat oleh-oleh di Jalan Pandanaran serta tempat wisata selama libur Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriah, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Semarang menyiapkan beberapa posko untuk memantau arus lalu lintas kendaraan yang melintas di titik tersebut.

Di antaranya Posko Induk di depan kantor Dinas Kesehatan Kota di Jalan Pandanaran dan Posko Portable yang akan ditempatkan di ujung Jalan Kauman-Wahid Hasyim.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Semarang, Endro P Martanto mengatakan, pihaknya melihat tahun lalu titik keramaian ada di Masjid Besar Kauman yang menyelenggarakan Solat Id dan penyembelihan hewan kurban. Karena itu pihaknya akan menyiapkan personel Dishub untuk ikut membantu kelancaran arus lalu lintas kendaraan di sekitar masjid.

“Akan ada petugas Dishub untuk ikut membantu mengatur arus lalin, dengan dibackup oleh petugas kepolisian setempat,” terangnya, Kamis (23/6/2022).

Dia mengatamab pihaknya akan menyiagakan sekitar 250 petugas untuk ditempatkan di titik keramaian aktivitas masyarakat tersebut.

“Kami siapkan 250 personel saat Idul Adha mendatang,” katanya.

Menurut Endro, kenaikan jumlah kendaraan pada saat Hari Idul Adha diperkirakan tidak akan sampai terjadi limpasan kendaraan di jalan. Mengingat perayaan Idul Adha yang akan jatuh pada Sabtu dan Minggu (9-20/7) nanti juga merupajan hari libur sehingga kemungkinan limpasan pemudik tidak akan signifikan.

Selain itu titik keramaian dimungkinkan juga terjadj di tempat wisata, Kawasan Kotalama dan pusat oleh-oleh atau kuliner di Jalan Pandanaran.

Namun, untuk di titik-titik ini pihaknya akan tetap memantau pergerakan lalu lintas kendaraan di ATCS Room kantor Dishub. Jika mulai terjadi kepadatan arus lalu lintas pihaknya akan segera mengambil langkah antisipasi.

“Di ATCS room akan memantau situasi arus lalin di simpang-simpang jalan protokol Kota Semarang 24 jam,” pungkas Endro.  (Ak/El)

Leave a Reply