Fakultas Kedokteran UNDIP Gelar Bakti Sosial di Magelang

Fakultas Kedokteran UNDIP Gelar Bakti Sosial di Magelang

MAGELANG, 17/9 (BeritaJateng.tv) – Ratusan dokter alumni dan dosen Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro (Undip) menggelar kegiatan pengabdian masyarakat di Kabupaten Magelang, Sabtu (17/9). Acara tersebut digelar dalam rangka Dies Natalis Ke-61.

Kegiatan pengabdian masyarakat bakti sosial (Baksos) tersebut berupa paket sembako, pemeriksaan Kesehatan dan vaksinasi, serta alat Kesehatan.

Acara dilangsungkan di tiga tempat, yaitu Desa Banyudono, Kecamatan Dukun, SMK Muhammadiyah 1 dan 2, Kecamatan Borobudur, dan SDN Blondo, Kecamatan Mungkid.

Kegiatan tersebut diawali dengan penyerahan bantuan paket sembako dan alat Kesehatan kepada masyarakat secara simbolis oleh Dekan FK Undip Prof. Dr. dr. Dwi Pudjonarko, M.Kes Sp.S(K) dan Ketua Dies Natalis FK Undip dr. Farmaditya Eka Putra, MSi.Med Ph.D. di Dusun Banyumili, Banyudono.

Penyerahan secara simbolis ini dihadiri Bupati Magelang yang diwakili oleh Plt Kepala Dinas Keshatan Kabupaten Magelang Bela Pinarsi, Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Magelang Syhukur Akhadi, dan jajaran Forkopimcam Dukun, kepala desa se-Kecamatan Dukun, serta perwakilan warga.

Dekan FK Undip mengungkapkan, kegiatan pengabdian masyarakat ini merupakan implementasi dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yang dilaksanakan bertepatan dengan Dies Natalis yang ke-61.

“Jadi di perguruan tinggi itu ada Tri Dharma, yaitu pendidikan, penelitian, dan pengabdian. Pengabdian itu menggerakkan kita supaya peduli kepada masyarakat. Dan saat ini kami terjun langsung ke masyarakat, ini salah satu dari pengabdian,” ungkapnya.

Dia menjelaskan, pada pengabdian masyarakat ini, selain para dokter pihaknya juga menurunkan semua dosen untuk ikut berbaur.

“Karena ini adalah Fakultas Kedokteran, jadi selain mendidik, kami juga meneliti. Dan kami harus mengamalkan penelitian dan pendidikan tersebut dalam wujud pengabdian,” jelasnya.

Ketua Dies Natalis ke-61 FK Undip dr. Farmaditya Eka Putra, MSi.Med., Ph.D, menambahkan, kegiatan pengabdian masyarakat di Kabupaten Magelang ini melibatkan 163 dokter terbagi dalam tiga lokasi kegiatan.

“Di Kecamatan Dukun ini ada 43 dokter. Kegiatanya berupa vaksinasi booster untuk lansia dan pembagian paket sembako dengan sasaran 500 orang,” ujarnya.

Selebihnya sekitar 120 dokter melaksanakan kegiatan di SMK Muhammadiyah 1 dan 2 Kecamatan Borobudur dan SDN Blondo, Kecamatan Mungkid. Kegiatan di sekolah ini dilaksanakan untuk mendeteksi dini penyakit-penyakit yang terjadi pada anak-anak.

Sementara Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Magelang, Bela Pinarsi, menyampaikan apresiasi atas kegiatan pengabdian masyrakat yang dilakukan oleh FK Undip beserta para alumni kepada warga Kabupaten Magelang.

“Kami sampaikan terima kasih kepada Fakultas Kedokteran Undip beserta jajaranya dan para alumni, yang telah mencurahkan waktu, tenaga, dana, untuk mengadakan pengabdian masyarakat dalam rangka Dies Natalis FK Undip ke-61 di Kabupaten Magelang,” katanya.

Pihaknya juga menyambut baik dan mendukung kegiatan yang sesuai dengan transfomasi Kesehatan yang dicanangkan oleh Kementerian Kesehatan.

“Yaitu meningkatkan promotive serta preventif dalam mendukung peningkatan kesehatan serta dalam upaya untuk memutus penularan Covid-19,” kata Bela. (Ak/EL)

Leave a Reply