Scroll Untuk Baca Artikel
HeadlineHukum & Kriminal

Husen Senyum-senyum dan Tak Menyesal Mutilasi Bos Air Galon, Psikolog Sebut Gangguan Jiwa Ini

×

Husen Senyum-senyum dan Tak Menyesal Mutilasi Bos Air Galon, Psikolog Sebut Gangguan Jiwa Ini

Sebarkan artikel ini
mutilasi semarang
Pelaku mutilasi dan mayat bosnya, Muhammad Husen saat diinterogasi di Mapolrestabes Semarang. (Yovita/beritajateng.tv)

SEMARANG, beritajateng.tv – Kasus pembunuhan dan mutilasi dalam kasus mayat dicor yang terjadi awal pekan lalu masih menggemparkan masyarakat.

Yang tak kalah mencengangkan, tersangka Muhammad Husen malah menampilkan gaya santai dan bercanda saat konferensi pers di Polrestabes Semarang. Pelaku kasus mayat dicor, Husen juga mengaku tak menyesal dan merasa puas membunuh karena dendamnya terlampiaskan.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

BACA JUGA: Video Usai Eksekusi, Husen Pelaku Mutilasi Pakai Uang Bosnya untuk Main Wanita

Kemudian, bagaimana kasus ini dari kacamata psikologis? Apa yang sebenarnya terjadi pada pelaku pembunuhan sehingga muncul reaksi tersebut?

Menurut Psikolog Klinis, Aprilia Subandriyo, beberapa perilaku yang tergambar dari pelaku dalam konferensi pers dapat tergambar dari dunia psikologis. Bukan psikopat, namun April menyebutnya sebagai gangguan kepribadian disosial.

“Sebenarnya kalau untuk di psikologi sendiri, dalam panduan PPDGJ (Pedoman Penggolongan dan Diagnosis Gangguan Jiwa), istilah psikopat itu tidak ada. Yang mendekati itu gangguan kepribadian disosial. Secara sekilas memang beberapa ciri-ciri sikap tersangka yang memenuhi gangguan kepribadian tersebut,” kata April kepada beritajateng.tv, Jumat 12 Mei 2023.

BACA JUGA: Video Pengakuan Mencengangkan Husen, Pelaku Mutilasi dan Cor Mayat di Tembalang

Gangguan kepribadian tersebut, jelas April, memiliki beberapa ciri. Yang pertama, toleransi terhadap rasa frustasi dan kecewa yang rendah sehingga mudah marah.

Yang kedua, cenderung bersikap agresif dan melakukan kekerasan. Selain itu, tidak merasa bersalah setelah melakukan tindakan kejahatan juga termasuk ke dalam ciri-ciri gangguan kepribadian tersebut.

Tinggalkan Balasan