Scroll Untuk Baca Artikel
Gaya Hidup

Kampanyakan Zero Waste, Disabilitas Semarang Kreasikan Limbah Batik Jadi Produk Unik

×

Kampanyakan Zero Waste, Disabilitas Semarang Kreasikan Limbah Batik Jadi Produk Unik

Sebarkan artikel ini
disabilitas zero waste
Sejumlah peyandang disabilitas saat mengikuti workshop kreatif bertajuk Kreasi Limbah Batik Jadi Produk Unik' di Tekodeko Koffiehuis, Jumat, 22 Desember 2023. (Fadia Haris Nur Salsabila/beritajateng.tv)

SEMARANG, beritajateng.tv – Sekitar 17 penyandang disabilitas mengikuti workshop kreatif di Tekodeko Koffiehuis, Jalan Kepodang Nomor 64, Kota Lama Semarang, Jumat, 22 Desember 2023. Dengan bimbingan petugas, mereka secara teliti menggunting sejumlah kain batik dan mengkreasikannya pada totebag kanvas polos.

Graceane, Outlet Manager Tekodeko Koffiehuis menjelaskan, acara ini masih termasuk ke dalam serangkaian peringatan Hari Disabilitas Internasional yang jatuh pada hari Minggu, 3 Desember 2023 kemarin. Sebelumnya, sejumlah kegiatan seperti talkshow, walking tour, lokakarya, hingga pameran telah dilaksanakan sepanjang bulan Desember 2023.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Bahkan, pada tanggal 4 sampai 8 Desember 2023, pihaknya secara khusus mengajak teman-teman disabilitas untuk mencoba pengalaman menjadi karyawan dan melayani pengunjung Tekodeko Koffiehuise selama sepakan.

“Kami bekerja sama dengan Veny Mulyani & Parter’s Clinic mengajak teman-teman disabilitas untuk merasakan menjadi karyawan Tekodeko sesuai kemampuan masing-masing. Itu tentu pengalaman berharga buat tim kami juga, bikin kami semakin semangat dan bisa membaur sama mereka,” kata Grace kepada beritajateng.tv, Jumat, 22 Desember 2023.

BACA JUGA: Peringati Hari Disabilitas Internasional, Siswa SLBN 1 Demak Gelar Seni Barongan

Adapun, Grace menjelaskan jika workshop kreatif bertajuk ‘Kreasi Limbah Batik Jadi Produk Unik’ ini merupakan bentuk kerja sama antara pihaknya dengan Batik Benang Ratu Semarang. Selain memperingati Hari Disabilitas Internasional, workshop ini juga sekaligus dalam rangkaian Lokakarya Liburan Desember menyambut masa liburan Natal dan Tahun Baru.

“Kita mengadakan kegiatan ini untuk mereka. Wisatawan yang dari luar kota dan anak-anak yang liburan sekolah, yang nggak ada kegiatan biar bisa main ke Tekodeko,” imbuhnya.

Kampanyekan Zero Waste

Sementara itu, Pemilik Batik Benang Ratu, Maria Eunike Santosa mengatakan, event kali ini merupakan kampanye dari pihaknya dalam menggalakkan zero waste. Menurutnya, selama ini sisa limbah Batik Benang Ratu masih menumpuk dan bahkan berakhir di cerobong pembakaran.

Tinggalkan Balasan