Scroll Untuk Baca Artikel
Opini

Mencicipi Kuliner Khas Lebaran, Ini 10 Hidangan Khas di Berbagai Daerah Indonesia

×

Mencicipi Kuliner Khas Lebaran, Ini 10 Hidangan Khas di Berbagai Daerah Indonesia

Sebarkan artikel ini
hidangan khas lebaran
Ilustrasi. Hidangan khas lebaran di berbagai daerah. Sumber: freepik.

SEMARANG, beritajateng.tv – Lebaran adalah waktu yang ditunggu-tunggu oleh seluruh masyarakat Indonesia. Lebaran bukan hanya momen kebersamaan, tapi juga identik dengan makanan lezat yang menjadi bagian dari tradisi tahunan. Hidangan khas lebaran di berbagai daerah di Indonesia sangat bervariasi tergantung adat dan tradisi setempat.

Beberapa hidangan khas lebaran yang populer di Indonesia adalah ketupat, soto ayam, rendang, sayur godog, semur daging sapi dan sambal hati. Tapi makan makanan yang sama setiap kali menyebabkan kebosanan. Ada beberapa hidangan khas lebaran di berbagai daerah di Indonesia yang enak dan patut untuk dicoba. Berikut 10 hidangan khas lebaran dari berbagai daerah di Indonesia.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

1. Orem-Orem-Malang
Orem-Orem adalah salah satu makanan khas Malang. Makanan ini berisi irisan tempe, irisan daging ayam, yang kemudian dimasak bersama kuah santan kental. Sajian lebaran ini biasanya tersaji dengan cara mengiris belah ketupat kemudian kacang panjang dan tempe serta kuah sayur kelapa.

Hidangan khas lebaran ini sedikit pedas daripada dengan sayur lodeh. Untuk meningkatkan rasa, Anda bisa menambahkan kecap. Yang unik adalah orem-orem dimasak dengan arang agar aroma khasnya tidak hilang.

2. Kue Maksuba – Palembang
Sajian lebaran khas Palembang berikutnya yang terkenal dengan sajian pempeknya adalah Maksuba Bolu merupakan kue lapis yang terbuat dengan bahan utama telur bebek, gula pasir, mentega dan susu kental manis. Pembuatan kue ini membutuhkan waktu sekitar 3 jam, sehingga tidak heran jika hanya sedikit orang yang bisa membuat kue ini karena agak sulit membuatnya.

Cara pembuatan kue ini adalah dengan memanggang setiap lapisan kemudian menggabungkan setiap lapisan menjadi satu. Tekstur yang sangat lembut dan rasanya manis di setiap gigitan dengan ciri khas warna kue yang kuning. Biasanya kue ini tersaji saat lebaran dan natal.

Hidangan khas lebaran

3. Ayam Woku – Manado

Manado juga memiliki hidangan khas lebaran yaitu ayam woku. “Woku” berasal dari sebuah majalah bernama majalah woka. Daun woka biasanya untuk membungkus nasi. Masakan Manado ini terbuat dengan bahan utama ayam dengan bumbu Manado yang kaya rasa. Dibedakan dari warna kuningnya, ayam woku memiliki rasa pedas asin yang menggugah selera dan aromanya yang harum sejak pertama kali tersajikan.

Tinggalkan Balasan