Mengapa Jam Check In Hotel Pukul 14.00 dan Jam Check Out Pukul 12.00, Begini Penjelasannya

Ilustrasi tamu check in di Hotel Santika Pekalongan. (Hotel Santika Pekalongan)

PEKALONGAN, 9/9 (beritajateng.tv) – Bagi anda yang sering menginap di hotel tentu tidak asing lagi dengan ketentuan jam check in pukul 14.00 dan jam check out pukul 12.00.

Namun pernahkah anda mempertanyakan terkait regulasi ini? Mengapa tidak dibikin genap jam masuk dan keluar hotel pukul 12.00 siang saja ya?

Sugeng Darmanto Selaku Assistant Front Office Manager Hotel Santika Pekalongan menuturkan sebenarnya regulasi terkait jam check in pukul 14.00 dan jam check out pukul 12.00 sepenuhnya diserahkan kepada masing-masing hotel.

Sebab ada beberapa hotel yang mulai jam check in pukul 15.00 maupun 16.00.

“Nah yang kita terapkan disini dan sebagian besar hotel lainnya adalah jam check in pukul 14.00,” ujarnya, Jumat (9/9/2022).

Tujuan utama dibuat check in pukul 14.00 dan check out maksimal pukul 12.00 adalah untuk kenyamanan tamu.

“Pada saat tamu check out pukul 12.00 kami masih memiliki waktu kisaran 2 jam untuk membersihkan dan menata ulang kamar yang sudah terpakai oleh tamu sebelumnya untuk digunakan tamu berikutnya. Kami harus mempersiapkan secara detail kamar tersebut untuk kenyamanan tamu-tamu kami,” katanya.

Namun di Hotel Santika Pekalongan, pihaknya bisa lebih fleksibel jika ada tamu yang memerlukan check in lebih cepat ataupun keterlambatan waktu check out.

“Selama tingkat hunian tidak dalam keadaan tinggi dan waktunya masih dapat dikoordinir, masih bisa kok kami berikan namun harus tetap melakukan konfirmasi dahulu ke resepsionis sebelum kedatangan,” tutup Sugeng. (*)

editor: ricky fitriyanto

Leave a Reply