Scroll Untuk Baca Artikel
Ekbis

Mudah Diperbanyak, Begini Peluang Usaha Tanaman Sansivera

×

Mudah Diperbanyak, Begini Peluang Usaha Tanaman Sansivera

Sebarkan artikel ini
tanaman sansivera
Berbagai jenis tanaman sansivera. (Fadia Haris Nur Salsabila/beritajateng.tv)

SEMARANG, beritajateng.tv – Geliat industri tanaman hias nampaknya tak pernah mati. Hal itu ikut terdorong meningkatnya minat masyarakat terhadap dekorasi rumah dan tanaman indoor saat ini. Salah yang menjadi favorit adalah tanaman sansivera atau punya nama lain lidah mertua.

Tanaman sansivera ini terkenal karena daya tahan, keindahan estetikanya, serta kemampuannya untuk membersihkan udara dalam ruangan.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Hal tersebut menurut Srie Roesma, kolektor sekaligus penjual tanaman sansivera Kota Semarang. Menurutnya, tanaman sansivera memiliki peluang bisnis yang menjanjikan jika dilakoni secara serius.

BACA JUGA: Sanflorist, Satu-satunya Bisnis Tanaman Hias Asli Semarang

Srie menjelaskan, tanaman sansivera tidak hanya menghadirkan keindahan alami, tetapi juga mudah dalam perawatan. Selain itu, sansivera memiliki keunggulan dalam proses penyilangan dan perbanyakan, yang menawarkan peluang besar bagi para pengusaha tanaman hias.

“Perbanyakan itu mudah, satu tanaman bisa menghasilkan 3-4 tanaman baru,” jelas Srie Roesma kepada beritajateng.tv, Kamis 8 Juni 2023.

Sayangnya, perbanyakan sansivera yang tergolong mudah tersebut malah membuat harga dari beberapa varietas menjadi anjlok. Srie menjelaskan, jenis yang umum berharga murah.

“Mulai dari Rp 10 ribu, tapi ada juga yang jutaan rupiah per pot, tergantung umur dan kelangkaannya. Semakin langka jenisnya, maka semakin mahal harganya,” imbuhnya.

Tanaman sansivera punya banyak varietas baru

Dalam dunia tanaman, penyilangan merupakan teknik untuk menghasilkan varietas baru dengan karakteristik tertentu. Begitu pula dengan sansivera.

Tinggalkan Balasan