Pelatihan Bimtek Desain Kemasan UKM untuk Tingkatkan Kualitas Produk

Pelatihan Bimtek Desain Kemasan UKM. /Foto: Steve Arie.

SEMARANG, 16/11 (BeritaJateng.tv) – Dinas Koperasi (Dinkop) UKM Provinsi Jawa Tengah (Jateng), menggelar kegiatan pelatihan Bimbingan Tekhnik (Bimtek) Peningkatan Kualitas Pemasaran dan Pengembangan Kemasan Produk UKM, di Hotel Noormans Semarang, 14-17 November 2022.

Kegiatan pelatihan Bimtek yang dilaksanakan selama empat hari tersebut, bertujuan untuk meningkatkan daya saing produk UKM yang ada di Jawa Tengah.

“Kami telah melaksanakan beberapa strategi, diantaranya adalah peningkatan kualitas kemasan produk UKM (Pengembangan Kemasan Produk),” kata Sub Koordinator Pemasaran Bidang Bina Usaha Dinkop UKM Jateng, Agung Budi Darmawan usai membuka kegiatan pelatihan Bimtek.

Agung juga memandang bahwa, kemasan merupakan hal yang sangat penting, dimana hal tersebut merupakan unsur daya tarik konsumen terhadap produk.

“Hal ini tidak sering disadari oleh UKM, mereka kadang sudah merasa puas dengan pasar mereka. Kualitas kemasan seadanya yang penting produk laku, maka sebab itu, pola pikir ini harus dirubah,” jelasnya.

Tak hanya itu, Agung juga berharap, dengan adanya pelatihan Bimtek ini, Produk UKM tidak kalah dengan pabrikan, maupun bersaing di segmen yang lebih luas dan lebih tinggi kelasnya.

“Terkait hal tersebut, untuk meningkatkan kualitas kemasan produk UKM,” ujarnya.

Agung Memaparkan, jika  pelaksanaan kegiatan Bimtek untuk tahun anggaran 2022 ini, sebanyak 7 angkatan, dan Masing-masing angkatan sebanyak 25 peserta.

“Angkatan 1 sampai dengan 3 sudah kami laksanakan pada bulan maret 2022, sedangkan angkatan 4 sampai dengan 7, baru kami laksanakan, karena bersumber dari anggaran perubahan,” terangnya.

Diketahui bahwa, pelaksanaan Bimtek, menjadi 2 tahap, yakni angkatan 4 dan 5 bertempat di Hotel Noormans, tanggal 14-17 Nobember 2022, dengan total peserta sebanyak 50 UKM dari Kares Semarang, Pati, dan Solo.

Sedangkan untuk angkatan 6 dan 7 bertempat di Hotel Daffam Pekalongan dan akan berlangsung pada tanggal 24-27 Nobember 2022, dengan jumlah peserta sebanyak 50 UKM dari Kares Pekalongan, Banyumas, dan Kedu.

Dalam kesempatan pelatihan yang digelar para peserta diberikan atau diajarkan materi pembelajaran terkait peran dan fungsi dalam pemasaran, kemasan dan permasalahannya, serta diskusi kemasan UKM.

Bukan hanya itu, para peserta juga akan mendapatkan ilmu yang bermanfaat seperti pengetahuan tentang jenis dan fungsi bahan kemasan, regulasi lebel dan kemasan, strategi pemasaran produk UKM di era digita.

Para peserta juga akan di berika  wawasan seputar standarisasi makanan sehat, higienis, keamanan pangan dan ijin edar makanan kemasan, regulasi lebel dan kemasan, membuat storyteling pada lebel, membuat desain lebel, serta merancang atau mengonsep logo brand.

Dalam kesempatan itu juga, para peserta dapat mengetahui teknologi grafika, teknis color separation, membuat kemasan sekunder, dan membuat mock up packaging.

Dalam rangka memaksimalkan kegiatan, Agung menambahkan bahwa, bimbingan teknis telah dibagi menjadi tiga tahapan.

Diantaranya, pra Bimtek melalui Group WA untuk menggali karakter dan potensi produk masing-masing peserta. Selanjutnya, pelaksanaan Bimtek difokuskan pada penuangan ide-ide, konsep kemasan, logo, strory telling untuk kemasan produk, praktek, dan desk dengan peserta.

Bukan hanya itu, pendampingan melalui group Watsapp, dilakukan untuk memaksimalkan kegiatan Bimtek.

“Pada akhir kegiatan, masing-masing peserta, nantinya akan mendapat file desain kemasan dan bantuan kemasan bersifat stimulant, sejumlah kurang lebih 100 psc dan itu tergantung jenis dan bahan kemasan yang di gunakan,” tutupnya.

Perlu diketahui bahwa, Pada pertengahan acara pembukaan Bimtek secara resmi oleh Dinkop UKM Jateng, dilaksanakan juga penyerahan sertifikat halal, kepada sejumlah UKM Alumni Bimtek Kemasan. (Ak/El)

Leave a Reply