Scroll Untuk Baca Artikel
Jateng

Peringati HUT 477 Kota Semarang, Mbak Ita Beberkan Pencapaian dan Rencana Pembangunan Infrastruktur

×

Peringati HUT 477 Kota Semarang, Mbak Ita Beberkan Pencapaian dan Rencana Pembangunan Infrastruktur

Sebarkan artikel ini
Peringati HUT 477 Kota Semarang, Mbak Ita Ungkap Pencapaian dan Rencana Pembangunan Infrastruktur
Foto bersama walikota Semarang dan forkopimda usai Upacara HUT Kota Semarang ke 477. (Ellya/beritajateng.tv)

SEMARANG, beritajateng.tv – Walikota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu memimpin upacara Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Semarang ke 477 di halaman Balaikota Semarang, Kamis 2 Mei 2024.

Hadir juga jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Semarang.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Dalam sambutannya, Mbak Ita sapaan akrabnya mengungkapkan pencapaian Pemerintah Kota Semarang dan pembangunan infrastruktur yang strategis.

BACA JUGA: Semarang Night Carnival 2024 Bakal Lebih Meriah, Empat Tema Kostum Padukan Unsur Tradisional-Modern

Ia menyebut, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kota Semarang mencapai 84,43 persen lebih tinggi dari angka nasional dan provinsi Jawa Tengah. Hal ini membuat Laju Pertumbuhan Ekonomi (LPE) Kota Semarang meningkat menjadi 5,79 persen, lebih tinggi dari target Provinsi Jawa Tengah dan Nasional.

“Pertumbuhan ekonomi ini juga sejalan dengan peningkatan investasi di Kota Semarang. Di mana nilai investasi tahun 2023 mencapai Rp 27,2 triliun. Berhasil melebihi target sebesar Rp 25,6 triliun atau naik 105,92 persen,” ujarnya.

Angka Kemiskinan Turun

Sedangkan angka kemiskinan Kota Semarang berhasil Pemkot tekan menjadi 4,23 persen terendah di Jawa Tengah. Angka kemiskinan ekstrem di Kota Semarang berhasil turun menjadi 0 persen.

Selain itu, Prevalensi stunting di Kota Semarang turun dari 1,66 persen menjadi 1,06 persen. Peningkatan Angka Harapan Hidup (AHH) Kota Semarang di tahun 2023 pun mencapai 77,90 tahun, dari yang sebelumnya sebesar 77,69.

“Peningkatan tersebut menunjukkan semakin baiknya kondisi kesehatan dan lingkungan yang ada di Kota Semarang. Capaian statistik di atas melengkapi sejumlah capaian legitimasi dan penghargaan sepanjang 2023 dari berbagai pihak. Atas kinerja bersama antara Pemerintah dan semua stake holder di Kota Semarang,” paparnya.

Raih Berbagai Penghargaan

Kota Semarang juga mendapatkan predikat Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah terbaik se-Indonesia. Dengan Status Kinerja Tinggi berdasarkan Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (EPPD).

Predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) tujuh kali berturut atas Laporan Hasil Pemeriksaan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LHP LKPD) tahun 2022.

Kota Semarang juga pertama kali memperoleh penghargaan Kota Layak Anak (KLA) kategori utama 2023.

Penghargaan Top 45 Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2023 Kategori Pemerintah Kota melalui Program Pangeran Diponegoro UHC DKK. Mengantarkan Semarang menjadi kota dengan 100 persen cakupan UHC.

Tinggalkan Balasan