Pesonas 2022 di Kota Semarang Sukses Digelar

Pesonas 2022 di Kota Semarang Sukses Digelar

SEMARANG (BeritaJateng.tv) – Gelaran Pekan Special Olympics Nasional (PeSOnas) 2022 yang digelar di Kota Semarang sukses digelar dengan semarak.

Kemenangan atlet-atlet difabel intelektual yang berasal dari 22 provinsi di Indonesia ini begitu spesial. Sebab, kemenangan itu diumumkan langsung di malam puncak acara Penutupan Pesonas 2022 di Holy Stadium Semarang, Kamis (7/7).

Hadir diacara penutupan, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo yang datang bersama sang istri Siti Atikoh. Ada pula Wakil Walikota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu atau yang biasa disapa Mbak Ita.

Ganjar memang memberikan perhatian penuh dengan para atlet berkebutuhan khusus saat mengikuti ajang PeSOnas di Semarang. Dalam beberapa kesempatan, Ganjar datang langsung ke sejumlah venue untuk memberikan semangat pada para atlet yang bertanding.

“Saya hadir di acara pembukaan dan sekarang penutupan, kemarin sempat mengunjungi para atlet ini saat bertanding. Saya terharu tapi sekaligus bangga karena bisa merasakan ghiroh dan semangat perjuangan dari anak-anak kita yang bertalenta khusus ini. Mereka semua hebat,” kata Ganjar.

Bagi Ganjar, medali bukanlah hal yang utama dalam perhelatan itu. Namun memberikan ruang bagi mereka para atlet berkebutuhan khusus untuk berekspresi, berkumpul dan bertemu sekaligus menunjukkan talentanya adalah hal yang utama.

“Itu yang menurut saya jauh lebih penting. Dan saya terimakasih, karena panitia memberikan medali pada semua atlet, sehingga mereka punya rasa kebanggaan luar biasa dan hari ini mereka bisa bertemu dengan teman-teman seluruh Indonesia,” ucapnya.

Ganjar berharap event PeSOnas berikutnya yang akan digelar di Kalimantan Utara bisa terselenggara dengan baik. Ganjar juga berharap, seluruh provinsi di Indonesia bisa mengirimkan atletnya untuk berlaga.

“Jateng sudah menggelar yang pertama dan pecah telur. Mudah-mudahan nanti semua punya perhatian pada mereka,” ucapnya.

Tak hanya tingkat nasional, Ganjar juga mendorong agar atlet-atlet bertalenta khusus itu bisa berlaga di event-event internasional.

“Selama ini sudah ada event internasional, seperti paralympic dan event lainnya. Tentu akan kita dorong, agar anak-anak kita ini bisa terus berlaga di ajang internasional. Setelah ini ada event internasional di Jerman. Kita harap anak-anak kita bisa mengikuti,” pungkasnya.

Salah satu pelatih asal Kalimantan Selatan, Armawi mengatakan, event PeSOnas 2022 di Semarang ini berjalan dengan lancar. Pihaknya mengapresiasi gelaran yang begitu meriah itu.

“Tentu kami juga sangat mengapresiasi pak Gubernur Jawa Tengah, pak Ganjar yang sudah memberikan dukungan langsung kepada kami dan atlet kami. Itu sangat berarti karena memberikan motivasi pada anak-anak kami yang bertanding,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua Umum Special Olympics Indonesia ( SOIna), Warsito Ellwein mengatakan jika Pesonas sudah terselenggara dengan baik mulai tanggal 3-8 Juli 2022 di Kota Semarang.

Dalam upacara penutupan di Holy Stadium, 8 Juli, 2022 malam, panitia membacakan perolehan medali masing-masing kontingen.

“Pesonas memang menyelenggarakan kegiatan olahraga dan non olahraga. Cabang olahraga yang dipertandingkan ada 12 cabang. Apa yang perlu kita mengerti adalah Pesonas tidak menyelenggarakan cabang olahraga prestasi. Hal itu perlu selalu disadari. Kendati adalah yang memperoleh medali lebih banyak bukan berarti yang lebih sedikit posisinya lebih lemah, ” ujarnya.

Menurut Warsito, Pesonas 2022 bertujuan untuk menggalang persaudaraan agar tumbuh lingkungan yang mendukung bagi pengembangan potensi dan kreatifitas anak bertalenta khusus.

Berikut Jumlah Perolehan Medali Pesonas  2022 dari 22 Provinsi di Indonesia :

1. Kontingen DKI Jakarta dengan perolehan 11 emas, 11 perak dan 6 perunggu dengan total keseluruhan 28 medali.

2. Bangka Belitung 4 Emas, 4 Perak dan 6 Perunggu dengan jumlah perolehan 14 medali.

3. Daerah Istimewa Yogyakarta 6 emas 16 perak dan 4 perunggu dengan jumlah 26 medali.

4. Kontingen Bali 4 perunggu dengan total perolehan 22 medali.

5. Kontingen Jambi 3 emas, 5 perak dan 3 perunggu dengan jumlah total 12 medali.

6. Kontingen Jawa Barat dengan perolehan 27 emas, 10 perak dan 24 perunggu dengan jumlah keseluruhan 61 medali.

7. Kontingen Jawa Tengah 36 emas, 30 perak dan 22 perunggu dengan total 88 medali.

8. Kontingen Jawa Timur 4 emas 9 perak dan 5 perunggu dengan total medali 18.

9. Kontingen Kalimantan Barat 1 perak dan 1 perunggu dengan jumlah 2 medali.

10. Kontingen Kalimantan Selatan dengan perolehan 18 emas 8 perak dan 8 perunggu 34 medali.

11. Kontingen Kalimantan Tengah 5 emas 7 perak dan 7 perunggu dengan total 14 medali.

12. Kalimantan Timur 2 emas 5 perak dan 5 perunggu dengan total 12 medali.

13. Kontingen Lampung dengan perolehan 4 emas, 4 perak dan 2 perunggu dengan jumlah 10 medali. B

14. Kontingen Maluku Utara 2 emas dan 2 perunggu dengan total 4 medali.

15. Kontingen Nusa Tenggara Barat 7 emas, 12 perak dan 7 perunggu dengan jumlah 26 medali.

16. Nusa Tenggara Timur 4 emas 7 perak dan 5 pernggu 16 medali.

17. Kontingen Riau 17 emas 13 perak dan 16 perunggu dengan jumlah total 46 medali.

18. Kontingen Sulawesi Selatan 8 emas 8 perak dan 11 perunggu dengan total 27 medali.

19. Kontingen Sulawesi Tengah 2 perunggu.

20. Kontingen Sumatera Barat 14 emas 19 perak 7 perunggu dengan total 40 medali.

21. Kontingen Sumatera Selatan dengan perolehan 17 emas 8 perak dan 10 perunggu, dengan jjmlah total 35 medali.

22. Kontingen Sumatera Utara 7 emas 5 perak 3 perunggu dengan jumlah total 15 medali. (Ak/El)

Leave a Reply

Your email address will not be published.