Scroll Untuk Baca Artikel
Politik

Prabowo-Gibran Menang di Jawa Tengah, Gerindra Akui Faktor Jokowi jadi Modal Utama

×

Prabowo-Gibran Menang di Jawa Tengah, Gerindra Akui Faktor Jokowi jadi Modal Utama

Sebarkan artikel ini
Jokowi Jateng
Ketua DPD Gerindra Jawa Tengah, Sudaryono, dalam PodCast Total Politik pada Sabtu, 9 Maret 2024. (Foto: YouTube/Total Politik)

SEMARANG, beritajateng.tv – Meski menjabat sebagai Ketua DPD Gerindra Jawa Tengah baru 4 bulan sebelum Pilpres, namun Sudaryono berhasil memenangkan pasangan calon (paslon) nomor urut 02, Prabowo SubiantoGibran Rakabuming Raka, di kandang banteng.

Bahkan, berdasarkan unggahan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jateng di media sosial resminya, Prabowo-Gibran memperoleh 12.096.454 suara atau 53,08 persen. Angka itu mengalahkan paslon nomor urut 03, Ganjar PranowoMahfud MD dengan perolehan 7.827.335 suara atau 34,35 persen.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Sudaryono menyebut mampu mengalahkan Ganjar-Mahfud sebagai paslon usungan PDI Perjuangan di Jateng melampaui ekspektasinya.

“Di atas ekspektasi, awalnya menarget seimbang dan sekali putaran, tetapi surprisingly menarik, ya. 53 persen [secara nasional] itu signifikan,” ujar Sudaryono dalam podcast Total Politik pada Sabtu, 9 Maret 2024.

BACA JUGA: Gerindra Jateng Klaim Tambah Kursi di Pileg 2024, Sudaryono: Tidak Menang tapi Naiknya Signifikan

Menurut Sudaryono, approval rate atau tingkat kepuasan masyarakat Jateng terhadap Presiden RI Joko Widodo menjadi modal utama dalam pemenangan Prabowo-Gibran di wilayah ini. Terlebih, Jokowi secara blak-blakan menunjukkan dukungannya kepada paslon nomor urut 02 tersebut.

Sudaryono pun membenarkan perkataan Ketua DPD PDI Perjuangan Jateng, Bambang ‘Pacul’ Wuryanto, yang menyebut bahwa approval rate Jokowi itu menyentuh angka 90 persen secara nasional.

“Kita harus akui, lebih dari 90 persen orang di Indonesia senang sama Pak Jokowi. Tentunya senang sama Pak Jokowi itu modal. Kalau diperhatikan foto billboard di Jateng Prabowo dan Jokowi itu, suka tidak suka, mau tidak mau, memang Presiden Jokowi yang dicintai rakyatnya,” terang Sudaryono.

Yakini tak ada rakyat desa di Jateng yang tak kenal Jokowi

Bahkan, Sudaryono dengan yakin menuturkan bahwa tak ada orang di akar rumput seperti pedesaan dan pelosok Jateng yang tak mengenal nama Jokowi. Sehingga, approval rate Jokowi yang begitu tinggi ini mampu mendongkrak suara Prabowo-Gibran di Jateng.

Tinggalkan Balasan