Scroll Untuk Baca Artikel
HeadlineKesehatan

Waspada Jajan di Sekolah dan Pasar, Makanan Ini Mengandung Boraks dan Formalin

×

Waspada Jajan di Sekolah dan Pasar, Makanan Ini Mengandung Boraks dan Formalin

Sebarkan artikel ini
Boraks dan Formalin
Dishanpan Mengimbau Masyarakat Waspada Jajan di Sekolah dan Pasar terkait Makanan Mengandung Boraks dan Formalin. (Ellya/beritajateng.tv)

SEMARANG, beritajateng.tv – Masyarakat khususnya anak-anak sekolah di imbau berhati-hati saat membeli jajan pada penjual keliling di sekitar sekolah. Hal ini karena banyak makanan yang mengandung boraks dan formalin beredar di sekolah dan pasar tradisional.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan (Dishanpan) Kota Semarang, Bambang Pramusinto mengatakan. Tim menemukan adanya makanan mengandung boraks dan formalin. Saat melakukan kegiatan Pemantauan Kualitas Pangan dengan Melibatkan Elemen untuk Warga Semarang (Mata Dewa).

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

“Jumat lalu, kami melakukan kegiatan pemantauan di pedagang keliling sekitar SDN Manyaran 01. Di temukan gendar yang mengandung positif boraks,” beber Bambang, Selasa (23/5/2023).

Tak hanya menyasar pedagang keliling, Dishanpan juga memeriksa kualitas pangan di kantin sekolah tersebut. Namun, sejauh pemantauan, tidak ada temuan.

Tidak hanya di sekolah, masyarakat juga di imbau berhati-hati saat berbelanja di pasar. Temuan Dishanpan di Pasar Ngemplak Simongan, di temukan mie basah mengandung boraks dan formalin serta gendar mengandung boraks.

Ada pula ikan jambal, teri asin, dan nasi teri yang mengandung Formalin.

“Ada sebagian pangan olahan yang usianya lebih dari tujuh hari, tidak ada izin PIRT. Kemudian, masih ada pangan olahan terdapat cemaran fisik,” tambahnya.

Bambang memaparkan, pengetahuan masyarakat mengenai keamanan pangan masih perlu di tingkatkan.

Tinggalkan Balasan