Scroll Untuk Baca Artikel
Gaya Hidup

Waspada! Langsung Minum Es Ketika Buka Puasa Ternyata Berbahaya, Begini Dampaknya

×

Waspada! Langsung Minum Es Ketika Buka Puasa Ternyata Berbahaya, Begini Dampaknya

Sebarkan artikel ini
ilustrasi minuman segar
Ilustrasi minuman segar. (foto: Pexels/Pixabay)

SEMARANG, beritajateng.tv – Menjelang buka puasa saat Ramadhan, minuman es memanglah selalu berhasil mencuri perhatian. Terlebih lagi ketika cuaca sedang panas, segala bentuk aneka minuman yang segar tentunya siap tersajikan.

Namun, tahukah kamu beberapa dampak bagi tubuh apabila langsung minum es ketika buka puasa? Dalam artikel ini akan kami bagikan informasi lengkapnya.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Dampak Langsung Minum Es Ketika Buka Puasa

Memicu Sakit Tenggorokan

Tenggorokan adalah bagian tubuh yang rentan terkena penyakit, terutama ketika sistem kekebalan tubuh menurun. Ini membuat bakteri dan virus lebih mudah menyerang tubuh, seringkali menyebabkan radang tenggorokan.

BACA JUGA: Hanya Ada Saat Bulan Ramadhan, Petis Bumbon Khas Semarang Cocok Jadi Menu Buka Puasa, Cuma Rp10 Ribuan!

Lebih buruk lagi, radang tenggorokan dapat menyebabkan gejala tambahan seperti demam dan sakit kepala ringan. Tentu saja masalah demikian dapat mengganggu produktivitas selama berpuasa.

Mudah Sakit

Minuman dingin yang diminum saat berbuka puasa juga dapat meningkatkan risiko penyakit. Terutama bagi orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Ketika mengonsumsi minuman bersuhu dingin, tubuh cenderung menghasilkan lendir berlebihan. Namun, produksi lendir yang berlebihan dapat menghambat fungsi sistem kekebalan tubuh, sehingga membuat tubuh lebih rentan terhadap serangan penyakit.

Gangguan Pencernaan

Mengonsumsi minuman es saat berbuka puasa bisa menghambat fungsi lambung karena lambung perlu waktu untuk menyesuaikan suhu es dengan suhu tubuh. Selain itu, minum air dingin dapat menyebabkan kontraksi perut karena tidak ada makanan atau minuman dalam sistem pencernaan selama berjam-jam.

BACA JUGA: 4 Olahan Simpel Sebagai Menu Takjil Buka Puasa, Keluarga di Rumah Pasti Suka!

Akibatnya, minum es dapat menyebabkan gangguan seperti kembung dan mulas. Hal ini perlu diperhatikan terutama bagi penderita mag, karena mereka lebih rentan terhadap kondisi ini.

Oleh karena itu, alangkah baiknya untuk menghindari konsumsi minuman dingin secara berlebihan saat berbuka puasa.

Tinggalkan Balasan