Scroll Untuk Baca Artikel
Pendidikan

Amalan yang Bisa dilakukan Selama 10 Hari Terakhir Bulan Ramadhan

×

Amalan yang Bisa dilakukan Selama 10 Hari Terakhir Bulan Ramadhan

Sebarkan artikel ini
Amalan Sepuluh Hari Terakhir
Ilustrasi Ramadhan. Sumber: freepik.

Selanjutnya, amalan sepuluh hari terakhir Ramadhan yang bisa kita lakukan menurut Syekh Zainuddin yakni memperbanyak i’tikaf di masjid. Rasulullah Saw melakukan i’tikaf untuk meningkatkan ibadahnya. I’tikaf sangat istimewa untuk memperbanyak ibadah, berdoa, dan mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Berdoa adalah ibadah yang sangat penting dalam Islam. Selama 10 hari terakhir Ramadhan, berdoa dengan khusyuk, memohon ampunan, beristighfar, dan memohon kebaikan dunia dan akhirat kepada Allah SWT menjadi amalan yang sangat dianjurkan. Berdoa di akhir malam atau saat waktu-waktu mustajab (seperti ketika berbuka puasa) juga bisa menjadi amalan yang sangat baik.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Sebagian ulama mazhab Syafi’i memperbolehkan i’tikaf di ruangan dalam rumah khusus tempat shalat. Hal ini disepadankan dengan prinsip ‘jika shalat sunnah saja yang paling utama bisa kita kerjakan di rumah, maka i’tikaf di rumah semestinya bisa dilakukan’.

Rasulullah juga menghidupkan malam-malam Ramadhan. Dalam Shahih Muslim, Sayyidah Aisyah ra menyaksikan Nabi beribadah selama Ramadhan hingga menjelang Subuh. Bahkan, dalam riwayat lain, Rasulullah SAW selalu membangunkan keluarganya untuk mengerjakan amalan sepuluh hari terakhir Ramadhan. Hal itu menunjukkan betapa istimewanya malam-malam tersebut.

Selain amalan-amalan di atas, menjaga amalan-amalan sunnah lainnya melakukan ibadah zikir juga bisa kita tingkatkan intensitas dan kualitas ibadahnya. Selama 10 hari terakhir Ramadhan sangat ditekankan dalam Islam, karena pada waktu-waktu tersebut terdapat malam lailatul qadr.

Semoga beberapa rekomendasi amalan sepuluh hari terakhir Ramadhan di atas bisa kita terapkan. Harapannya, Allah menerima segala amal ibadah, mendapatkan berkah dan ampunan di bulan Ramadhan (*).

Tinggalkan Balasan