Beralih ke Digital, Hamidun Bisa Kembangkan Bisnis Hingga Beromzet Puluhan Juta

Hamidun, Mitra Blibli penjual ritel di Mranggen Demak

Demak, 31/8 (BeritaJateng.tv) – Masyarakat kini mulai memanfaatkan kecanggihan digital untuk menghasilkan pundi-pundi uang dengan cara yang mudah. Seperti yang dilakukan Hamidun, pemilik toko ritel yang berada di kawasan Mranggen Demak.

Sejak tiga tahun silam, Hamidun telah memanfaatkan sistem digital untuk berbelanja secara grosir. Ia bergabung menjadi mitra BliBli dengan memanfaatkan aplikasi e-commerce untuk membeli barang-barang kebutuhan tokonya.

Hamidun awalnya hanya penjaga gudang disalah satu swalayan di Semarang, ia kemudian resign dan memilih membuka toko kecil dirumahnya di Batursari, Mranggen, Demak. Dari situlah ia dikenalkan dengan tim Blibli yang kemudian mengubah mindset bisnis digital.

Berkat digitalisasi bersama Blibli, penghasilan tokonya berhasil meningkat tajam hingga mencapai omzet Rp. 10 hingga Rp. 30 juta per bulan melalui digitalisasi bersama Blibli.

Pria berusia 38 tahun ini menyebut, jika berbelanja dengan BliBli bisa mendapatkan berbagai kemudahan seperti mendapat harga lebih murah, pengiriman cepat dan paling penting gratis ongkos kirim (ongkir).

Haminudin mengungkapkan bahwa dengan transaksi melalui Blibli ini dirinya lebih bisa menghemat waktu untuk berbelanja barang-barang untuk toko ritelnya sehingga perputaran barang bisa lebih cepat.

“Sebelum menggunakan aplikasi Blibli dulu saya harus ke pasar untuk beli barang sehingga membutuhkan waktu yang lama dan harus tutup toko dulu, tapi sekarang tinggal pilih barang di aplikasi dari rumah nanti tunggu satu sampai dua jam, pesanan sudah sampai dan pembayaran langsung di tempat,” ungkapnya.

Tak hanya untuk membeli barang belanjaan dengan harga murah, aplikasi Blibli juga dimanfaatkan Hamidun untuk berjualan token listrik, PDAM, BPJS hingga Top up pulsa.

“Jualan token listrik, PDAM, BPJS sampai pulsa dan game dari aplikasi Blibli. Gratis biaya adminnya,” ujar Hamidun.

Ia mengaku dengan menjadi mitra Blibli dirinya sering mendapatkan informasi promo dan potongan harga sehingga keuntungan yang didapat jadi lebih banyak.

Sementara itu, Kepala Cabang Blibli Jawa Tengah, Darma Habibi mengatakan, pihaknya selalu memberi pendampingan yang intens kepada mitra Blibli.

“Di seluruh Indonesia sudah ada 225ribu UMKM yang telah kita bina sebagai mitra UMKM Blibli. Kami senantiasa memberikan kemudahan-kemudahan bagi UMKM mulai dari akses bahkan sampai ke seluruh Indonesia. Yang kedua ada fitur gratis ongkos kirim atau ongkir, kemudian kita juga ada clip and collect sehingga pembeli bisa datang dan membeli barangnya ditempat, sehingga pembeli mendapatkan experience dan melihat kualitas barangnya langsung, ” kata Darma.

Tak hanya itu, bagi UMKM mitra binaan Blibli yang telah berkembang, akan menjadi contoh ‘sukses story’ dan akan berbagi pengalaman bisnisnya pada UMKM yang selama ini belum menjual produknya secara online. Hal ini dilakukan agar UMKM lain bisa mendapatkan inspirasi berbisnis mudah melalui digital marketing penjualan online bersama Blibli. (Ak/El)

Leave a Reply