Scroll Untuk Baca Artikel
Cek Fakta

CEK FAKTA: Nomor Urut Pasangan Capres dan Cawapres di Surat Suara Pemilu 2024 Diganti

×

CEK FAKTA: Nomor Urut Pasangan Capres dan Cawapres di Surat Suara Pemilu 2024 Diganti

Sebarkan artikel ini
pendaftaran caleg
Ilustrasi Pemilu 2024. (freepik.com)

SEMARANG, beritajateng.tv – Beredar sebuah video dengan klaim perubahan nomor urut calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) Pemilu 2024 di kertas suara.

Adapun video pergantian nomor urut capres dan cawapres tersebut beredar di platform sosial media Instagram, YouTube dan TikTok.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Dalam video yang beredar tampak nomor urut pasangan calon (paslon) nomor urut 03 Ganjar Pranowo – Mahfud MD ditukar dengan paslon nomor urut 02 Prabowo Subianto – Gibran Rakabuming Raka.

Sedangkan untuk paslon nomor urut 01 Anies Baswedan – Muhaimin Iskandar (Cak Imin) masih berada di nomor yang sama.

BACA JUGA: CEK FAKTA: KPU Bolehkan Mencoblos Pemilu 2024 Secara Online, Benarkah?

Video tersebut diunggah di sosial media pada 3 Februari 2024. Hingga kini unggahan tersebut sudah mendapat likes sebanyak 2,835 pengguna Instagram dan 227 ribu kali views.

Dengan adanya video nomor urut yang berganti tersebut, apakah benar paslon presiden dan wakil presiden berganti di surat suara Pemilu 2024 ini? Berikut hasil penelusurannya.

Hasil penelusuran nomor urut capres-cawapres diganti saat Pemilu

Setelah pengecekan lebih detail, dalam video tersebut, surat suara yang menunjukkan paslon nomor urut 03, menunjukkan seragam yang berbeda dari surat suara asli dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI.

Pada surat suara asli, Ganjar mengenakan baju warna hitam dan Mahfud warna putih. Tidak itu saja, perbedaan juga terdapat pada tata letak atau urutan logo partai pengusung.

Kompas.com, adalah salah satu media yang memberitakan tentang desain asli surat suara untuk capres dan cawapres. Terbit pada 29 November 2023, tampak baju, gaya tangan dan peci yang dipakai oleh paslon.

Berikut isi dari beritanya: Desain  surat suara Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 sudah final. Saat ini, surat suara tersebut masih dalam proses distribusikan ke seluruh wilayah.

Surat suara resmi pemilihan umum presiden dan wakil presiden 2024 yang dicetak oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). (dok. KPU)

Dalam desain tersebut, pasangan calon presiden dan wakil presiden (capres-cawapres) nomor urut 1, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, tampak mengenakan peci hitam dengan setelan jas. Keduanya mengangkat tangan seperti menyapa seseorang, hampir serupa dengan pose yang Anies pakai ketika menang Pilgub DKI Jakarta 2017 ketika berpasangan dengan Sandiaga Uno.

Sementara itu, capres-cawapres nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming, mengenakan kemeja biru langit, sebagaimana identitas mereka selama ini. Keduanya tak berpeci.

BACA JUGA: CEK FAKTA: Klaim Anies Baswedan 171 Kecamatan di 8 Provinsi Belum Punya Puskesmas

Capres-cawapres nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD, mengenakan setelan monokrom.

Ganjar mengenakan kemeja hitam, sedangkan Mahfud memakai kemeja putih dengan peci hitam. Di bagian bawah kotak masing-masing capres-cawapres, terdapat logo partai politik pengusung masing-masing pasangan calon.

Dari keterangan di atas, dapat tersimpulkan bahwa video yang menunjukkan perubahan nomor urut capres dan cawapres adalah hasil suntingan atau hoaks.

Sebab desain yang terdapat dalam video tersebut tidak menunjukkan hasil desain yang sudah KPU keluarkan.

Tinggalkan Balasan