Gebyar PAUD 2022 Tingkat Kabupaten Dibuka, Bunda PAUD Blora Ajak Shalawatan

Gebyar PAUD 2022 Tingkat Kabupaten Blora

BLORA, 18/6 (BeritaJateng.tv) – Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kabupaten Blora Hj. Ainia Shalichah, SH, M.Pd.AUD, M.Pd.BI nitip aspek spiritual dengan mengajak anak sholawatan saat membuka gebyar PAUD 2022 pada Sabtu (18/6/2022).

Hal itu disampaikan Bunda PAUD Blora saat memberi sambutan sekaligus membuka secara resmi Gebyar PAUD tahun 2022 di pendopo Dinporabudpar Kabupaten Blora (bersebelahan dengan Dinas Pendidikan Kab. Blora).

“Apa yang disampaikan oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Blora, kegiatan dan lombanya, Insha Allah, sudah mewakili semua aspek yang dibutuhkan anak. Aspek kognisi dapat, aspek motorik, aspek bahasa dan aspek seninya dapat,” ungkapnya.

Bunda PAUD Kabupaten Blora mengusulkan agar ditambahkan aspek spiritual, dengan mengajak anak selawatan.

“Saya nitip selawat nariyah di TK yang muslim. Kita ikuti saja Bapak Bupati dan Ibu Wakil Bupati, karena itu juga baik, ngalap barokah,” ucapnya.

Bunda Ain, sapaan Hj. Ainia Shalichah, merasa bangga sekali dan mendoakan agar anak-anak besok menjadi generasi emas. Selain itu, pihaknya juga mengajak para guru dan orang tua anak serta seluruh masyarakat untuk bersama mencegah stunting

“Tolong Bapak/Ibu, kita juga bersama-sama punya PR pencegahan stunting dan menangani stunting serta menjadikan Kabupaten Blora ini jangan ada new stunting. Yang stunting saat ini kita selesaikan bareng-bareng, dan kita mencegah untuk tidak timbul stunting baru,” terangnya.

Dijelaskannya, untuk di satuan TK/Kelompok Bermain bagaimana dan caranya, yaitu dengan penerapan program PAUD Holistik Integratif.

PAUD Holistik Integratif adalah penanganan anak usia dini secara utuh (menyeluruh) yang mencakup layanan gizi dan kesehatan, pendidikan dan pengasuhan, dan perlindungan, untuk mengoptimalkan semua aspek perkembangan anak yang dilakukan secara terpadu oleh berbagai pemangku kepentingan di tingkat masyarakat, pemerintah daerah, dan pusat.

“Jadi tolong kepada Bunda PAUD Kecamatan disampaikan kepada Bunda PAUD Desa, juga Ayah, Ibu, Bapak guru pengelola untuk mewujudkan PAUD Holistik Integratif, supaya ikut mengontrol dan memberikan fasilitas bekerja sama dengan Bidan Desa untuk cek kesehatan anak didiknya, seperti tinggi badan dan berat badan anak secara berkala. Untuk yang sudah, lebih dikuatkan lagi holistiknya,” ajaknya.

Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Blora menyatakan penerapan program PAUD Holistik Integratif berguna untuk menciptakan pendidikan berkualitas.

Program PAUD Holistik Integratif adalah sistem pendidikan dini yang sehat, cerdas, ceria, dan berakhlak mulia, sebagaimana diamanatkan dalam Peraturan Presiden Nomor 60 Tahun 2003, khususnya pasal 2 ayat 1.

“PAUD Holistik Integratif adalah layanan pendidikan yang menggabungkan proses asah, asih, asuh, dalam rangka mengembangkan kebutuhan anak, seperti gizi yang cukup, sistem pengasuhan dan perlindungan yang terbaik, serta pemberian layanan belajar yang mengedepankan pendidikan karakter,” katanya.

Dalah kesempatan itu pihaknya juga menyampaikan salam dari Bupati Blora Arief Rohman, SIP.,M.Si., untuk semua peserta yang hadir pada Gebyar PAUD 2022.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Blora Aunur Rofiq, SE., M.Si., dalam laporannya menyampaikan dasar pelaksanan terselenggaranya Gebyar PAUD 2022 adalah Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak.

Kemudian, Undang-Undang nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 58 tahun 2009 tentang Stantar Pendidikan Anak Usia Dini.

Adapun tujuannya, kata Aunur Rofiq, memotivasi bermain dan belajar serta mengembangkan potensi, bakat yang dimiliki anak usia dini seoptimal mungkin.

“Meningkatkan motivasi tenaga pendidik dalam melaksanakan tugas pembelajaran dan pengembangan anak usia dini,” jelasnya.

Berikutnya, menyentuh perkembangan bahasa, motorik, kepekaan irama, musik, rasa percaya diri, serta keberanian mengambil risiko.

Adapun peserta Gebyar PAUD adalah Anak Usia Dini yang terlayani pada Lembaga PAUD antara lain TK dan KB dari masing-masing kecamatan sejumlah 18, sehingga jumlah peserta sekitar 288 anak.

Sedangkan jenis lomba untuk anak PAUD Kelompok Bermain, yaitu memindahkan bendera sesuai warna, mengelompokkan biji-bijian, gerak lagu, melempar dan menangkap bola.

Jenis lomba untuk anak PAUD TK yaitu tari kreasi Siminal Siminul, menggambar dan mewarnai, bola tangan dan tembang Jawa dengan diiringi alat perkusi buatan sendiri.

“Juara I,II,III mendapatkan piala dan uang pembinaan. Juara Harapan I,II,III mendapatkan piala,” kata Aunur Rofiq, Kepala Dinas Pendidikan Blora.

Ia menyebut, penyelenggaraan Gebyar PAUD tingkat Kabupaten Blora dibiayai dari APBD Kabupaten Blora tahun 2022.

Usai membuka Gebyar PAUD 2022 dan melepas balon udara, Bunda PAUD Blora Hj. Ainia Shalichah, SH, M.Pd.AUD, didampingi Kepala Dinas Pendidikan Aunur Rofiq, SE., M.Si., dan Kepala Bidang Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat Dinas Pendidikan Nuril Huda, SP., MM, berkeliling meninjau sejumlah tempat lomba dan menyempatkan diri menyapa anak yang ikut lomba di lingkungan Dinas Pendidikan.

Suasana pun makin semarak dan ceria saat Bunda PAUD Blora mengajak foto bersama orang tua anak, guru serta juri lomba. Bahkan Bunda PAUD sempat memborong aneka makanan yang dijual oleh Dharma Wanita Persatuan Dinas Pendidikan

Turut hadir pada acara Gebyar PAUD Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Blora, Widodo, S.Pd., M.Pd serta perwakilan OPD terkait. Acara diawali penampilan tari Siminal Siminul oleh sejumlah guru PAUD serta penampilan vokal salah satu siswa tuna netra dari SLB Jepon. (Her/El)

Leave a Reply

Your email address will not be published.