Scroll Untuk Baca Artikel
HeadlineKesehatanNews Update

Heboh Parasetamol Sirup Sebabkan Gagal Ginjal pada Anak, Guru Besar Farmasi UGM Buka Suara

×

Heboh Parasetamol Sirup Sebabkan Gagal Ginjal pada Anak, Guru Besar Farmasi UGM Buka Suara

Sebarkan artikel ini
Guru Besar Fakultas Farmasi Universitas Gadjah Mada (UGM), Prof Dr Zullies Ikawati, Apt. (dokumen pribadi)

Pengukuran DEG dan EG dalam produk akhir juga tidak mudah karena sudah mengandung berbagai bahan lain, sehingga memerlukan metode analisis yang akurat dan sensitif. Apakah pemeriksaannya sudah akurat? Harus dipastikan.

Keempat, sebenarnya hubungan langsung antara kejadian gagal ginjal akut dengan konsumsi sirup parasetamol atau yang lain masih misteri. Sebab obat sirup parasetamol banyak yang sudah ada bertahun-tahun tanpa perubahan formula, dan digunakan aman-aman saja, kenapa tiba-tiba baru belakangan ini muncul gangguan ginjal akut, yang hampir berbarengan kejadiannya dengan Gambia?

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Kelima, ada berbagai kemungkinan lain penyebab kejadian gagal ginjal akut, yang benar-benar perlu dicek pada pasien. Misalnya jika benar terdeteksi ada ca oksalat di ginjal yang merupakan metabolit dari etilen glikol, perlu dicek juga asupan makanan pasien, karena asam oksalat juga bisa berasal dari makanan. Ataukah mungkin karena infeksi tertentu seperti leptospirosis yang juga banyak muncul di musim hujan?

Namun demikian, untuk kehati-hatian, untuk sementara ikuti dulu saran dari lembaga-lembaga resmi (BPOM, Kemenkes, asosiasi dokter, dan lain-lain) untuk menghindari bentuk sirup sampai diperoleh hasil yang lebih pasti.

“Tetap jaga kesehatan anak-anak kita, makan sehat, istirahat cukup, lagi musim hujan jadi jaga jangan main-main terlalu ekstrim. Kalau demam, bisa gunakan kompres dulu, atau pakai parasetamol puyer atau bentuk-bentuk lain. Jika pahit, bisa minta ditambahkan pemanis yang aman untuk anak,” tutup Zullies. (*)

editor: ricky fitriyanto

Tinggalkan Balasan