Scroll Untuk Baca Artikel
Ekbis

Kolaborasi Bank Jateng dan Dispermadesdukcapil Optimalkan Transaksi Non-tunai Desa via Siskeudes-Link

×

Kolaborasi Bank Jateng dan Dispermadesdukcapil Optimalkan Transaksi Non-tunai Desa via Siskeudes-Link

Sebarkan artikel ini
bank jateng
Bank Jateng dan Dispermadesdukcapil Provinsi Jateng melakukan evaluasi sekaligus tes operasional transaksi non tunai pemerintah desa di Jawa Tengah bertempat di Hotel Solia Zigna Kampung Batik Surakarta, Rabu 3 Juli 2024. (Bank Jateng)

SURAKARTA, beritajateng,tv – Dispermadesdukcapil Provinsi Jawa Tengah bekerjasama dengan Bank Jateng menggelar evaluasi dan tes operasional implementasi transaksi non tunai bagi pemerintah desa di Jawa Tengah. Acara tersebut berlangsung pada 3 dan 4 Juli 2024 di Kota Solo.

Hal ini merupakan wujud dalam upaya mendukung percepatan digitalisasi dan optimalisasi transaksi non-tunai di desa.

Luthfi selaku Direktur Fasilitasi Perencanaan Keuangan dan Aset Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri, menyampaikan apresiasinya kepada Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. Serta Dispermadesdukcapil, dan Bank Jateng atas dukungan mereka terhadap program pemerintah dalam implementasi transaksi non tunai melalui SISKEUDES-Link.

BACA JUGA: Gandeng Bank Jateng, PT TWC Teken MoU Kerja Sama Majukan UMKM Kampung Seni Borobudur

Tri Harso Widirahmanto selaku Kepala Dispermadesdukcapil Provinsi Jawa Tengah, menjelaskan bahwa aplikasi SISKEUDES-Link merupakan sistem verifikasi pencairan belanja yang menghubungkan Siskeudes Online dengan CMS Bank Jateng menggunakan kode pembayaran atau ID billing.

“Dengan adanya implementasi transaksi non tunai melalui SISKEUDES-Link ini, maka akan memastikan pajak setiap transaksi belanja akan terbayarkan secara langsung,” jelas Tri Harso.

Selain kemudahan dan kepatuhan dalam pembayaran pajak, aplikasi SISKEUDES-Link memungkinkan penatausahaan keuangan berlangsung secara real time. Ini meningkatkan keamanan transaksi serta akuntabilitas dalam pengelolaan keuangan desa.

Bendahara desa kini dapat melakukan transaksi belanja langsung dari kantor desa tanpa harus ke bank. Sehingga menghemat waktu dan meningkatkan efisiensi kerja.

Tinggalkan Balasan