Ombak Besar Sebabkan Kapal Berisi 12 ABK Terbalik di Perairan Larangan, Satu Hilang

Tim SAR lakukan pencarian ABK hilang di Perairan Larangan.

Tegal, 5/9 (BeritaJateng.tv) – Akibat cuaca dan ombak besar yang terjadi di perairan Larangan, Kabupaten Tegal, Minggu (4/9) membuat sebuah kapal berisi 12 ABK (Anak Buah Kapal) terbalik dan menyebabkan satu orang hilang.

Diketahui, identitas ABK yang hilang bernama Darto bin Sutono (45) warga Desa Dinuk RT 02 RW 04 Kecamatan Kramat Kabupaten Tegal.

Ia dilaporkan tenggelam saat berlayar di perairan Larangan Kabupaten Tegal Minggu (04/09), hingga saat ini masih dalam pencarian tim SAR gabungan, Senin (05/09)

Kepala Kantor SAR Semarang Heru Suhartanto menceritakan kronologi kejadian. Menurutnya, pada Sabtu (03/09) sekira pukul 16.00 WIB Kapal Motor (KM) Karya Mitra berangkat berlayar dari pelabuhan Larangan Kramat Kabupaten Tegal menuju Utara laut dengan jarak kurang lebih 12 mil dari daratan.

Di tengah laut, sekitar pukul 21.00 WIB terjadi angin dan ombak besar kemudian kapal menurunkan jangkar.

“Sekitar pukul 00.30 WIB, Minggu (4/9), gegara jangkar yang hendak diangkat ke atas membuat kapal terbalik. Kemudian 12 ABK terombang – ambing di tengah laut diselamatkan KM Kartika Jaya dibawa ke pantai Larangan , 1 ABK atas nama Darto hilang sampai saat ini masih dalam pencarian tim SAR gabungan,” ungkap Heru.

Pencarian tim SAR gabungan menggunakan perahu karet disekitar tempat ke kejadian dilakukan, penyisiran sepanjang pantai Larangan juga dilakukan Tim SAR. Namun hingga kini belum ditemukan korban ABK.

“Arah angin di perairan Larangan Timur laut menuju Tenggara cuaca berawan dan ombak sekitar 0,5 meter. Tim SAR terus memyusuri pantai dan melakukan monitoring sekitar lokasi kejadian,” tutupnya. (Ak/El)

Leave a Reply