Scroll Untuk Baca Artikel
Kesehatan

Pesantren Al Hikmah 2 Brebes dan Djarum Foundation Gelar Pelayanan Medis

×

Pesantren Al Hikmah 2 Brebes dan Djarum Foundation Gelar Pelayanan Medis

Sebarkan artikel ini
Pesantren Al Hikmah 2 Brebes
Pengasuh Pondok Pesantren Al Hikmah 2 Brebes Gus Immaduddin Masruri, Founder Yayasan Bangun Sehat Indonesiaku, Kolonel Laut (K) Dr. dr. Hisnindarsyah, Deputy Program Manager Bakti Sosial Djarum Foundation, Ivana Lie, serta para santri mendapat bingkisan dari Djarum Sumbangsih Sosial, Sabtu 15 Juli 2023. (Ellya/beritajateng.tv)

”Paling banyak di temukan warga menderita penyakit darah tinggi, penyakit kulit dan masalah pada gigi. Selain kuratif kami juga memberikan edukasi (preventif) dapat mencegah terjadinya penyakit tersebut. Dalam pelayanan medis ini kami melibatkan sebanyak 122 tenaga kesehatan. Kami akan mengubah idiom yang salah, yang selama ini melekat di pondok pesantren, bahwa santri itu terkena penyakit kulit, panuan, kudisan. Di era sekarang ini justru kami bertekad menciptakan santri yang ganteng, santri keren, yakni santri bersih dan sehat,” kata Hisnindarsyah.

Lebih lanjut dokter Hisnin menambahkan penyakit yang umum di derita santri dan lingkungan ponpes adalah penyakit kulit seperti dermatitis dan scabies, juga infeksi saluran pernafasan (Ispa).

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Sedangkan pada wali santri dan guru serta masyarakat umum, di dapatkan penyakit hipertensi dan osteoartritis atau radang sendi.

“Adapun solusi pencegahan adalah peningkatan kesadaran pola hidup sehat seperti kebersihan serta pola makan termasuk pola hidup sehat,” jelas dokter Hisnindarsyah.

Kholidah, (54 tahun) warga Desa Benda, Kecamatan Sirampog sangat terbantu dengan adanya bakti sosial pelayanan kesehatan tersebut.

”Ini saya di beri obat anti nyeri dan obat penurun tensi. Saya sangat senang adanya bakti sosial layanan medis gratis ini,” katanya.

Pelayanan Medis Masyrakat merupakan kegiatan rutin yang dilakukan melalui program Djarum Sumbangsih Sosial. Sejak tahun 2014, kegiatan ini telah melayani pemeriksaan medis lebih dari 70.000 warga masyarakat di Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Djarum Sumbangsih Sosial telah melakukan berbagai kegiatan. Antara lain khitanan massal, peningkatan kualitas panti asuhan, satgas pencegahan kebakaran dan bantuan penyediaan air bersih.
(*)

Editor: Elly Amaliyah

Tinggalkan Balasan