Scroll Untuk Baca Artikel
HeadlineNasional

Sederet Amalan Sunnah yang dapat Dilakukan sebelum Sholat Idul Fitri

×

Sederet Amalan Sunnah yang dapat Dilakukan sebelum Sholat Idul Fitri

Sebarkan artikel ini
sholat Idul Fitri | Sholat di Pesawat
Ilustrasi sholat. (Foto: Freepik)

BACA JUGA: Kapan Idul Fitri 1444 H? Ini Hasil Sidang Isbat 2023

4. Makan Sebelum Sholat Ied
Terdapat sunnah yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW, yaitu makan terlebih dahulu sebelum berangkat Sholat Ied. Makna dari sunnah makan sebelum Sholat Ied adalah untuk menegaskan bahwa Ramadhan telah usai dan telah memasuki 1 Syawal.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Sholat Idul Fitri di Lapangan Terbuka Tunjukkan Rasa Kebersamaan

5. Gunakan Lapangan Terbuka
Tradisi melaksanakan Sholat Ied di lapangan terbuka atau musala yang lebih luas dari biasanya, menjadi sebagai salah satu sunnah. Hal ini untuk menyatukan umat Muslim dalam merayakan hari yang spesial tersebut dan menunjukkan rasa kebersamaan. Penggunaan lapangan terbuka juga karena jamaah sholat biasanya cukup banyak.

BACA JUGA: Kemungkinan Perbedaan Idul Fitri 1444 H, Menag: Jaga Ukhuwah

6. Menggunakan Wewangian
Saat melaksanakan Sholat Ied, menggunakan wewangian atau minyak wangi merupakan sunnah. Hal ini menambah kekhusyukan dalam beribadah dan memberikan kesan yang lebih segar pada diri sendiri dan lingkungan sekitar.

Itulah beberapa sunnah dalam melaksanakan Sholat Idul Fitri yang dapat umat muslim jalankan. Selamat merayakan Hari Raya Idul Fitri, Mohon Maaf Lahir dan Batin. Semoga amalan kita mendapatkan pahala dari Allah SWT. Tak lupa, selamat berkumpul bersama keluarga besar pada Hari Raya Lebaran ini. (*)

Editor: Ricky Fitriyanto

Tinggalkan Balasan