Scroll Untuk Baca Artikel
Gaya HidupKesehatan

Tetap Segar dan Berseri Selama Puasa: Tips Ampuh Menjaga Kebersihan Mulut

×

Tetap Segar dan Berseri Selama Puasa: Tips Ampuh Menjaga Kebersihan Mulut

Sebarkan artikel ini
Ilustrasi saat keluarga berbuka puasa bersama (Foto: Freepik)

Semarang, beritajateng.tv – Dalam bulan puasa, menjaga kebersihan mulut sangat penting untuk menjalani ibadah dengan nyaman. Salah satu masalah umum yang sering dialami adalah bau mulut. Berikut beberapa tips sederhana untuk menjaga agar mulut tetap segar selama berpuasa:

Menjaga Kebersihan Mulut

Sikat gigi secara teratur, minimal dua kali sehari, terutama setelah sahur dan berbuka. Gunakan benang gigi atau obat kumur antiseptik untuk membersihkan sela-sela gigi.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Saat berbuka, hindari makanan dan minuman yang dapat meningkatkan bau mulut seperti bawang putih, bawang bombay, dan kopi. Sebisa mungkin pilih makanan yang segar dan tidak mengandung bahan-bahan penyebab bau mulut.

BACA JUGA: Penting! Berikut Tips Menjaga Kesehatan Tubuh Kala Musim Hujan Tiba

Sikat Lidah karena bakteri penyebab bau mulut sering kali menumpuk di permukaan lidah. Oleh karena itu, selain menyikat gigi, sikat juga permukaan lidah secara perlahan untuk membersihkan bakteri yang menempel, hal tersebut dapat menjaga kebersihan mulut.

Jaga Makanan yang Dikonsumsi

Konsumsi Air Putih yang Cukup. Minum banyak air putih saat berbuka dan sahur dapat membantu mengurangi produksi bakteri penyebab bau mulut. Selain itu, air juga membantu membersihkan sisa-sisa makanan di mulut.

Makan Permen Karet Tanpa Gula, Mengunyah permen karet tanpa gula dapat merangsang produksi air liur, yang membantu membersihkan mulut dari bakteri dan sisa makanan. Hal ini bisa kalian lakukan ketika waktu sahur atau saat buka puasa

Tinggalkan Balasan