Trafik Penumpang Naik, Bandara Ahmad Yani Semarang Tambah Fasilitas Dan Rute Perjalanan

Bandara Ahmad Yani Semarang.

Semarang, 3/7 (BeritaJateng.tv) – Perkembangan positif terlihat pada peningkatan pergerakan penumpang pada tahun 2022 di Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang.

Berdasarkan data pergerakan traffic, pada periode bulan Januari hingga Juni 2022 Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang telah melayani sebanyak 724.269 orang penumpang.

Hal ini disampaikan General Manager PT Angkasa Pura I Kantor Cabang Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang, Hardi Ariyanto, Minggu melalui siaran persnya.

“Jika dibandingkan dengan periode bulan Januari hingga Juni 2021 lalu dengan jumlah penumpang hanya sebanyak 501.893, maka terjadi peningkatan penumpang sebesar 31 persen. Sedangkan untuk pergerakan pesawat, terjadi peningkatan sebanyak 7 persen pada periode Januari hingga Juni 2022 jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya, ” ujar Hardi.

Guna menyambut trend positif peningkatan pergerakan traffic penumpang ini, lanjut Hardi, PT Angkasa Pura I tambah 17 tenant di bandara guna meningkatkan kenyamanan masyarakat pengguna jasa bandar udara.

Adapun tenant yang hadir ini terbagi menjadi tenant food and beverage, retail dan service. Selain itu guna menunjang peningkatan demand masyarakat.

Pada tahun 2022 telah dilakukan penambahan rute penerbangan dari Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang menuju Jakarta oleh maskapai Super Air Jet, serta pengaktifan kembali rute Semarang menuju Ketapang dan Pontianak dengan maskapai Wings Air, dan rute Semarang menuju Makassar dengan maskapai Lion Air.

Sesuai dengan data traffic di Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang, tercatat peningkatan pergerakan penumpang sebesar 31 persen pada periode bulan Januari hingga Juni 2022 jika dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun 2021.

“Meningkatnya pergerakan penumpang ini akan memperluas pangsa pasar di bandara baik dari para penumpang yang datang dan berangkat maupun para penjemput dan pengantar, sehingga demi meningkatkan layanan bagi para pengguna jasa kami menambahkan tenant-tenant yang ada dibandara sehingga kebutuhan para pengguna jasa senantiasa dapat terpenuhi,” jelas Hardi.

Hingga bulan Juni 2022 telah beroperasi 9 tenant dari 17 tenant yang bertempat di lokasi exhibition hall dan area keberangkatan Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang. Tidak hanya dalam bentuk toko, tenant baru yang hadir di bandara juga termasuk di dalamnya beberapa vending machine yang tersebar di beberapa titik lokasi bandara.

“Kami juga menghadirkan ragam baru selain tenant dalam bentuk toko di bandara, yaitu vending machine yang dapat dengan mudah digunakan oleh para pengguna jasa. Vending machine ini terletak dibeberapa titik lokasi diantaranya area drop zone keberangkatan, area kedatangan dan lokasi pengambilan bagasi,” tutup Hardi. (Ak/El)

Leave a Reply

Your email address will not be published.